Pages

Welcome.....

SELAMAT DATANG di blog ngocol politik. Tempat gue ngocol segala macam topik dari mulai masalah politik, berita terkini, opini publik, pengetahuan populer hingga humor. Blog ini 100% buah pikiran anak negeri, bebas dari afiliasi politik dan SARA. Semua orang boleh baca, syaratnya ga boleh sakit hati ha ha.! So, enjoy my blog!

Sep 22, 2014

Negeri 1000 Gengsi


Gue sering heran kenapa negeri ini dipenuhi orang yang bener-bener ambisi jadi pejabat. Orang yang udah kaya raya aja masih maksa ikut nyaleg, nyabup atau nyapres. Apa mereka kekurangan duit? Pasti bukan itu. Menurut analisis gue yang amburadul, kayaknya itu semua dilakukan lebih kepada upaya untuk naikin gengsi dan status (selain untuk jadi lebih kaya tentunya). Teori Abraham Maslow berlaku disini. Ketika lu udah ga mikirin lagi nyari makan karena udah kaya raya, maka penghargaan dan aktualisasi diri yang lu cari. So, jadi anggota dewan atau pemimpin negeri merupakan jalan tercepat menuju kesana.
Kalo dipikir-pikir, tidak hanya orang-orang gede itu yang mikirin gengsi dan status, kita juga sebagai makhluk kecil yang tak punya apa-apa, juga ga bisa ngindarin yang namanya perubahan status. Contohnya ya gue ini. Kisah ini terjadi ketika gue pertama kali dapet kerja. Perubahan status gue yang mendadak dari mahasiswa kumuh menjadi karyawan kantoran yang ngecling, membuat gue jadi kebawa bergaya bak pengusaha kere yang baru menang Pilkada. Status gue sebagai orang kantoran, bikin gue harus naikin gengsi. Untuk menjaga status, tiap hari gue sok sibuk pergi pagi pulang malem kayak pejabat. Bedanya cuma di isi kantong. Kalo pejabat kantongnya tebel sementara gue, pakain necis, tapi kantong kering ga ada duitnya.
Meski begitu, ada juga enaknya jadi pegawai kantoran dibanding jaman mahasiswa dulu. Kalo mo berangkat, ibu-ibu tetangga biasanya pada nanya “Mau berangkat ke kantor ya, Mas?”. Wuih bangga bener. Kayaknya jadi orang kantoran itu bener-bener profesi nomor satu. Padahal kalo dibandingkan abang-abang tukang sayur yang suka keliling di komplek, duitnya tebelan dia daripada gue. Lha gimana nggak? Si abang tiap hari jual sayur terus dapet duit. Na gue? Tiap hari jual tampang tapi ga ngasilin apa-apa. Tiap hari ganti-ganti pakaian keren hanya karena gengsi takut dibilang miskin sama tetangga. Kalo gengsi bisa dituker ama beras, kayaknya gue bisa jadi juragan beras dalam waktu kurang dari satu bulan.
Perubahan status emang bikin kita jadi orang payah. Dulu waktu gue masih jadi mahasiswa polos, ga ada tuh yang namanya gengsi. Perut lapar, tinggal datengin warteg sambil godain si mbaknya. Mau nonton tinggal datengin layar tancep atau sewa DVD terus nebeng nonton di tempat kost temen gue. Mau pesta dan makan enak? Gampang. Pake aja blu jin dan jas pinjaman, terus hari minggu nyelundup ke tempat kawinan pura-pura jadi undangan (jangan lupa bawa amplop kosong buat sumbangan). Mau dugem? Ga usah ke pub atau tempat clubbing yang mahal, cukup pinjem motor terus keliling kampung nyari-nyari pesta dangdutan. Bisa deh ajojing semalem suntuk tanpa keluar duit.
Gimana sekarang setelah jadi pegawai? Busyet...hidup gue jadi ribet. Semua orang kayaknya merhatiin tingkah laku gue. Gue jadi ga bisa datengin sembarang tempat. Contohnya:
(1) Waktu gue datengin warteg, seorang ibu tetangga yang usil ngomong“Lho Mas, kok makan disini, apa tidak malu?”
(2) Waktu gue ngunjungin tempat sewa DVD, temen gue nyeletuk “Ga punya duit buat ke Twentiwan ya? Masa udah gajian nontonnya masih nongkrong depan TV?”
(3) Waktu gue nyoba nyelusup ke pesta dangdutan malem-malem, rombongan anak tetangga gue yang lagi nongkrong pada cekikikan “Idih malu si Om. Udah kerja tapi masih suka joget dangdut!”
SIALAN!!  Perasaan waktu gue dulu masih berstatus mahasiswa, ga ada tuh yang merhatiin dan usil sama tingkah laku gue. Mau gue plorotin celana di tengah pasar, nongolin pantat dari jendela metromini, atau godain bencong yang lagi ngamen di depan halte, ga ada yang peduli. Gue bener-bener INVISIBLE Man. Tapi sekarang? Tobaaat....!!!
Gara-gara perubahan status gue dari mahasiswa dekil jadi karyawan tengil inilah yang menyebabkan hidup gue bak maling yang dicurigai mau nyuri ayam. Semua temen, tetangga dan sodara-sodara gue mendadak jadi manusia bawel yang nguntit pantat gue kemanapun gue pergi. Semua dikomentarin. Ga boleh inilah, ga boleh itulah. Bahkan nenek gue yang penyabar pun mendadak jadi Sherlock Holmes ngamatin tingkah gue sehari-hari.
Suatu hari, dengan muka garang dia nasihatin gue. “Cu, ingatlah, dirimu sekarang udah dewasa. Udah jadi pegawe kantoran, bukan mahasiswa lagi. Harus jaga gengsi. Ga boleh prangas-pringis lagi. Ga boleh nyolong jambu tetangga. Ga boleh godain janda sebelah. Ga boleh kentut sembarangan (lho apa hubungannya?) serta segudang nasihat lainnya.
Pertama sih gue masih terima di nasihatin gitu, tapi lama-lama gue jengkel juga. Gue tau nenek gue itu orang sakti. Pernah ngelempar Harimau dengan gigi palsunya, tapi si Harimau tidak berani ngelawan. Berita itu tersebar ke seluruh kampung hingga nenek gue terkenal sebagai pendekar tanggung. Setelah gue selidiki, ternyata insiden harimau itu ejadiannya di Kebun Binatang. Sompret, pantesan aja si hariman ga ngelawan, wong mau nyerang juga percuma karena terhalang jeruji besi. Lagian biarpun insidennya terjadi di hutan, mana ada harimau yang mau makan nenek gue yang udah peot. Sama aja makan karet ban tronton, bukannya kemakan malah gigi pada rontok.
Meski tau kalau nenek gue seorang pendekar mumpuni, tapi saking jengkelnya diceramahin tiap hari, gue akhirnya nekat ngelawan. Saat diomelin, gue coba membungkam mulut nenek gue dengan jurus kungfu yang pernah gue pelajari dari buku Wiro Sableng. Gue mulai dengan serangan cepat menggunakan jurus Ayam Botak Nyocol Sambel. Tapi nenek gue emang bener-bener sakti. Dengan gesit dia ngangkat pispot tuk nangkis serangan gue dan ganti nyerang gue pake sapu dengan jurus Nenek Sihir Nyodok Pantat Werewolf.
Sebagai murid kesayangan Wong Fei Hung, gue ga mau kalah. Gue bales serang pantat peot nenek gue pake jurus Kuda Gila Nendang Kusir. Gue angkat kaki kanan tinggi-tinggi dan disabetkan ke arah pantat nenek. Sayang, sebagai penerus generasi ketiga Si Pitung, nenek gue lebih gesit. Sebelum kaki gue nyampe sasaran, dia langsung menggunakan jurus pamungkas bernama Menepis Pisang Mencabut Biji Salak. Jari tangannya yang berkuku panjang mencengkram selangkangan gue dan gue pun terkapar nyaris impoten.
Karena gue kalah, maka gue terpaksa nurut apa maunya. Gue coba ngerubah sikap layaknya seorang pegawai kantoran. Kalau gue berangkat kerja, gue bergaya seperlente mungkin, mirip Presiden Direktur PT. Angin Puyuh, lengkap dengan kemeja Valentino, jas Chartago, Celana Armany dan Sepatu Gucci. Semuanya asli gua beli di Tanah Abang.  Gapapa merk jiplakan, yang penting keren ha ha..
Setelah semuanya necis, pagi-pagi sekali gue jalan ke luar rumah dengan gaya sok sibuk, mirip pengacara kaya yang tertinggal jadwal sidang. Ibu-ibu tetangga yang lagi berebut beli sayur langsung terpana. Rasain lu, baru deh pada terpana sekarang, pikir gue. Anggota DPR aja ga ada seujung kuku dibanding penampilan gue.
Sayang kebanggaan gue ga bertahan lama ketika salah seorang ibu nanya “Wah keren abis, De. Mau berangkat kerja ya? Tapi kok jalan kaki, emang mobilnya kemana?”
Gue langsung semaput. Gue bener-bener ga siap menjawab jebakan pertanyaan seperti ini. Masa harus gue jawab “Wah mobil saya nunggu di depan, Bu. Itu lho mobil gede warna merah yang sering lalu-lalang di jalan!” Wah bisa mati gue kalo mereka tau gue naik metromini.
Akhirnya gue pulang lagi ke rumah dengan alasan ada yang ketinggalan. Setelah itu gue diam-diam nyelinap lewat pintu belakang, terus mutar ke belakang komplek dan selamat naik bajaj tanpa diketahui para detektif amatiran yang nongkrong di warung sayur. SIALAN! Sebenarnya gue ini siapa sih? MALING? PEMERKOSA? PEMBUNUH? Masa gara-gara gengsi gue terpaksa harus selundupan nyari jalan tikus di komplek rumah gue sendiri.
Berbekal pengalaman tersebut, gue nyari akal tuk berkelit dari pertanyaan-pertanyaan aneh para detektif rumahan. Tiga hari tiga malam gue bertapa disamping pot bunga di depan rumah gue tuk nyari inspirasi.
Di hari ketiga, tepat jam 12 malam, usaha gue mulai ada hasilnya. Hal itu gue rasain dari suasana malam terasa makin mencekam. Angin dingin menderu. Lapat-lapat terdengar suara raungan anjing di kejauhan. Tidak berapa lama ada suara ketukan di pintu pagar. Tuk...tuk...tuk... Gua langsung waspada. Dengan perlahan gue menghampiri pagar, lalu nongolin muka dari balik jeruji.
Sosok tinggi besar bertampang seram tampak berdiri di kegelapan. Matanya yang merah membara menatap gue. Tiba-tiba dia menghampiri gue dengan cepat sambil berbisik..”Maaf, Mas. Liat si Puppy anjing saya ga? Udah hilang sejak kemarin sore. Tadi suaranya terdengar meraung-raung tapi dicari ga ketemu!”
KAMPRET! Kirain makhluk darimana, rupanya bapak-bapak bego yang kehilangan anjing dan matanya merah karena semaleman ga tidur.
“Bapak nyari anjing?” Tanya gue sewot.
“Iya, Mas. Bantuin dong gimana caranya?”
“Gampang, Pak!” Kata gue jumawa. “Bapak nyari air dari tujuh sumur, terus campur dengan kembang tujuh rupa kemudian dipake mandi!”.
“Wah nyari pake ilmu gaib ya, Mas?” Tanya si Bapak sumringah. 
“Kagak, Pak. Biar badan bapak bersih aja. Kali tu anjing kabur karena mencium bau badan bapak yang kayak septik tank!”
Mendengar ini, pala gue langsung dijedotin ke tembok pagar sampe pingsan. 
Nah, gara-gara pingsan itulah gue dapet inspirasi bagaimana ngadepin pertanyaan ibu-ibu tetangga gue yang pada bawel. Gue jadi punya banyak strategi untuk menjawab berbagai pertanyaan, dari siapapun, kapanpun, dimanapun. Gua akan layani semua pertanyaan dengan diplomasi ala Bung Karno. Seperti pepatah Betawi “Lu jual gua beli, lu meninggal gue kawin lagi ...eh salah!” Ya pokonya gitu lah.
Ketika esok harinya gue berangkat ke kantor, ibu-ibu di warung sayur kembali nanya “Lho, De, masih jalan kaki ke kantor? Ga pake mobil?” Huh pertanyaan kuno, pikir gue. Dengan gaya kalem dan lembut ala Aa Gym gue menjawab “Pengennya sih naik mobil pribadi, Bu, tapi capek, di jalan kena macet terus. Saya lebih memilih naik KRL atau Busway. Selain aman dan nyaman, juga saya bisa mengurangi polusi dengan naik transportasi umum!” Nah lu, dijawab begitu si ibu langsung terdiam membisu kayak burung beo keselek bola tenis. Huh gue ini orang intelektual. Tujuh tahun gue kuliah ditambah inspirasi pertapaan gue semalem, masa gue ga bisa menjawab pertanyaan ibu-ibu yang tiap hari taunya cuma arisan dan godain tukang sayur, pikir gue dengan puas.
Cara bersilat lidah ala pengacara kawakan tersebut gue aplikasikan dalam beragam situasi. Ketika lagi makan di warteg dan ibu-ibu usil yang kemarin ketemu gue nanya lagi “Lho, De? Kok makannya di warteg sih? Kan udah kerja!”.  Gue langsung jawab dengan lembut “Memang saya udah kerja, Bu. Gaji saya besar. Tapi tidak ada salahnya saya berhenti makan di restoran mahal dan sekali-kali makan di Warteg. Yah..hitung-hitung membantu pengusaha kecil. Kalau bukan kita yang membantu mereka, siapa lagi?” Sip, cara diplomasi gue benar-benar yahud. Si Ibu langsung terdiam kayak kambing kurban yang baru saja denger pengumuman dari mesjid bahwa besok hari Idul Adha. Mampus lu!
Teknik diplomasi ini gue pake lagi ketika gue kembali bertemu teman usil gue di tempat penyewaan DVD dan nanya kenapa gue ga ke bioskop aja. Mendengar pertanyaan ga kreatif ini gue kangsung jawab dengan tenang “Gini, fren! Gue sewa DVD bukan karena gue ga mampu pergi ke bioskop. Tapi ini demi menjaga keharmonisan keluarga. DVD bisa ditonton  di rumah bersama seluruh keluarga sehingga hati kita bisa lebih dekat. Adik gue, nyokap gue, bokap, nenek centil gue dan semuanya bisa ikut nonton. Lagian di bioskop kita ga pernah tau ada adegan saru yang bakal muncul, misal adegan ciuman atau adegan telanjang. Nah di rumah, gue bisa sensor dulu DVD gue, mana yang kiranya bisa ditonton anak kecil dan mana yang tidak. Gitu, Bro. Lu coba deh, pasti keluarga lu juga bisa harmonis!” Nah, temen gue langsung terdiam kayak koruptor ketangkap tangan sama KPK. 
Terakhir strategi ini gue coba sama anak-anak tetangga yang usil waktu gue mau nongton dangdutan.  Dengan pakaian ala dangduter sejati, gua malem-malem nyelusup ke pesta dangdut koplo yang diselenggarain di kampung sebelah. Ketika gue lagi celingukan sambil nutupin muka pake sarung, anak-anak tetangga yang lagi nongkron bilang “Idih malu si Om. Udah gede sukanya joget dangdut kampung!”.
Anak-anak sialan, gue langsung samperin mereka, lalu berceramah. “Gini dik, ya. Om suka joget dangdut bukan karena Om ga punya duit buat pergi ke tempat dugem, tapi karena joget dangdut di tempat kayak gini banyak manfaatnya. Pertama joget di tempat terbuka kayak gini bikin badan kita jadi sehat. Kedua di tempat kayak gini kita bisa terhindar dari orang-orang sinting penjual ekstasi yang ada di tempat dugem. Ketiga, dangdut itu musik rakyat, nah sebagai rakyat kita harus melestarikan musik dangdut sebagai bagian dari budaya kita!”
Entah ngerti ato tidak sama omongan gue, tu anak-anak sableng langsung bengong terdiam kayak ayam buras lagi bermain-main di pasar dan ga sengaja kepergok sama tukang jagal. Rasain lu, pikir gue puas.
Lama-lama saking jadi kebiasaan, di setiap kesempatan gue selalu berdiplomasi ala pengacara kawakan untuk nutupin kelemahan diri. Contohnya ketika ada teman kantor ngetawain HP gue yang jadul, gue langsung menjelaskan dengan penuh semangat. “Gini, Bro. Ni HP sebenernya hadiah dari mantan pacar gue waktu kuliah dulu. Waktu gue putusin dia, dia ngancam mau bunuh diri. Tapi akhirnya setelah gue bujuk-bujuk, dia bersedia gue putusin asal dia mau menyimpan HP ini selama hidup gue sebagai pengganti dirinya. Terpaksa gue penuhin amanatnya daripada dia mati. Nah gitu, Bro, ceritanya. Jadi jangan salah sangka, biar jadul HP ini penuh kenangan dan amanat berat yang harus gue sandang selama hidup gue!”
Temen kantor gue langsung melongo. Esoknya cerita itu menyebar ke seluruh karyawan kantor dan gue langsung dinobatkan sebagai cowok paling romantis abad ini.
Selama hampir sebulan strategi bullshit dan ‘cuap-cuap’ ini gue pake tuk jaga gengsi dan naikin status. Adnan Buyung aja belum tentu bisa ngomong sehebat gue, buktinya hanya dalam waktu kurang dari dua minggu seluruh dunia percaya kalo gue ini karyawan kaya raya dengan gaji setara Direktur PERTAMINA.
Sayangnya, kondisi tersebut ga berjalan lama. Suatu pagi di hari minggu yang indah semua kebohongan gue terbongkar. Ketika gue lagi nungging terkapar di dunia lain akibat semaleman maen game, nenek gue yang mendadak masuk kamar gue dengan tampang bengis. Tanpa banyak omong dia langsung ngeluarin jurus “Menjitak Badak Melempar Gajah”. Hasilnya, badan gue melayang ke pekarangan rumah hingga pinggang gue patah dan pantat bonyok.
Begitu sadar dari mimpi gue, gue sudah dikerubungi ibu-ibu tetangga sekompleks. Buset deh mau ngapain ni ibu-ibu? Apa beras naik atau ada gas meledak? Kok pada demo di depan rumah gue.
“Ada apa ya ibu-ibu?” Tanya gue sopan sambil nyoba ngumpulin tulang-tulang gue yang berserakan akibat jatuh bebas tadi.  
“Gini, De!” Kata Ibu RT dengan ramah “Kami semua hari ini berencana ikut majelis ta’lim di kampung sebelah. Nah ini kan hari minggu, ga macet, jadi kami mau minta tolong ade tuk nganterin ibu-ibu komplek pake mobil punya ade itu.  Kalo hari kerja kan ga pernah dipake, jadi itung-itung manasin mesin deh!.
HAH? Gue ternganga selama beberapa menit dan baru mingkem setelah ada segerombolan lalat yang nyangka mulut gue sebagai goa tempat sembunyi. BUSYET! Pekik gue dalam hati. Keboongan gue ketauan deh. Jangankan punya mobil, lha sepeda aja kagak gableg. Rumah gue aja masih nyicil dengan menggunakan nenek gue sebagai agunan.
Emang sebenarnya sejak setahun lalu gue udah berencana pengen beli mobil. Gue udah mulai nyicil beli ember sama lap buat jaga-jaga kalo harus nyuci mobil sendiri. Ban juga udah gue beli satu biji. Kunci-kunci dah lengkap. Yang jadi masalah sampe detik ini gue baru punya garasi doank, sementara mobilnya entah abad kapan baru bisa gue beli. Jadi pake apa gue mesti nganterin ibu-ibu? Masa harus digendong satu-satu, bisa-bisa kaki gue gempor dan lumpuh selama setahun.
Saat gue lagi nyari-nyari akal tuk nipu tu ibu-ibu, tiba-tiba datang Mbak penjaga warteg sambil bawa kertas bon. “Maaf ya, Dik. Mbak cuma mau tanya kapan utang makannya dilunasin? Sebulan ini adik ngutang terus sampe warteg Mbak udah ga ada isinya. Hari ini mohon dibayar ya!”
Gue nyaris klenger. KAMPRET! Ni si Mbak warteg ga tau situasi. Udah tau gue lagi dikepung detektif sekomplek yang siap nyiarin kabar kemiskinan gue ke seluruh dunia, eh malah dia nongol disini. Belum gue bisa menjawab, nenek gue yang sadis udah nongol dan ngemplang gue pake sapu. Gue sebenarnya mau menghindar, tapi dua biji tulang iga gue masih belum ketemu, jadi terpaksa pukulan itu gue terima dengan pasrah hingga benjut di pala gue bertambah satu lagi.
“Maaf ya ibu-ibu!” Kata nenek ke ibu-ibu komplek sambil menjewer kuping gue kayak ngejinjing kantong blanjaan. “Cucu nenek ini emang pandai ngibul. Sebenernye dia ga punya mobil. Boro-boro mobil mewah, lha mobil mainan aja ga kebeli. Biarpun tampangnya kayak direktur BUMN, tapi sebenernye gajinya sama UMR cuma beda serebu. Kemarin aja nenek hampir diculik pegawai bank sebagai jaminan gara-gara dia udah tiga bulan ga bayar cicilan rumah”.
“Trus gimana dengan utang makannya?” Tanya Mbak Warteg.
“Ah itu sih gampang!” jawab nenek gue dengan senyum sadis. “Ni anak suruh cuci piring aja sama ngelapin meja warteg, disuruh ngemis juga boleh. Pokoknya jadiin aja dia budak pekerja sampai utangnya lunas. Kalo belon lunas juga, nenek ijinin dia untuk dimutilasi, tar dagingnya bisa dijual ke Taman Safari tuk ngempanin Singa atau disumbangin ke Sumanto!”
BUSET...sadis amat!.
Berkat jaringan gosip ibu-ibu kompleks yang luas hingga ke seberang lautan, esoknya berita tentang kemelaratan gue disiarkan di CNN, BBC, ABC, FOX dan Al Jazeera. Tampang gue lebih sering muncul di TV dibandingkan Obama atau Teroris Al Qaeda. Seluruh dunia jadi tahu bahwa gue sebenarnya bukan orang kaya, cuma tukang bulsit yang sedikit kreatif.
AKH..NASIB...NASIB!  Emang gengsi itu seringkali bikin frustasi. Contohnya para pejabat politik di negeri kita. Udah punya duit segudang, emas sekontainer, rumah sekomplek dan mobil se-terminal tapi kalo statusmya cuma masyarakat biasa, rasanya ada yang kurang. Orang kurang hormat, kurang respek. Beda kalo  punya jabatan publik, misal jadi anggota dewan.  Selain bisa nambah pundi-pundi harta biar makin numpuk, gengsi dan status lu di masyarakat juga naik. Biar di ruang sidang ga pernah ngomong dan kerjaannya kalo rapat tidur melulu, tapi kan keren. Anggota Dewan gitu lho!  Naik turun mobil mewah, pake dasi dan jas mahal, dikerubutin wartawan, diwawancara TV dan lain-lain. Giliran ketangkep KPK, baru deh pada nyaho!

****

No comments:

Post a Comment