Kalo gue jadi Presiden RI 2014, yang pertama mau gue benahi di negeri ini adalah pendidikan. Jangan nanya dulu kenapa gue yang bukan guru atau ustad malah lari ngomongin pendidikan. Ini hak gue sebagai warga negara. Lagian gue dulu pernah bayar SPP dari mulai TK sampe perguruan tinggi, jadi wajar kalo gue sedikit ngritik. Bosen dengerin kritik seputar dunia pendidikan? Ga boleh bosen dong. Ini menyangkut masa depan negeri kita, Bro!
Gue yakin banyak orang yang setuju dengan pendapat gue bahwa sistem pendidikan di negeri ini udah keblinger. Maaf Pak Menteri, Pak Dirjen dan Bapak Ibu Guru. Sebelum marah, baca dulu tulisan ini sampe selesai, baru boleh komentar. Komentarnya juga tulis aja di koran, jangan di kirim ke gue, karena komentar apapun pasti ga akan gue tanggepin he he.
Selain pendidikan Playgroup, TK dan SD, menurut gue
sistem pendidikan negeri ini dari mulai SMP hinggi SMU udah ga jelas arahnya.
Sebenernya mau dibawa kemana sih anak-anak kita itu? Setiap hari dicekokin
pelajaran yang menurut pandangan gue sebagian besar ga akan ada manfaatnya buat
hidup mereka kelak.
Pertanyaan gue mudah saja, sebenernya tujuan kita
sekolah itu mau apa? Menurut gue cuma ada dua tujuan. Pertama meningkatkan
moral dan kedua mempersiapkan diri tuk bisa idup. Apa sekarang pendidikan moral
udah diajarin di sekolah? BELUM. Yang ada cuma ngapalin buku-buku keagamaan dan
PPKN, sementara prakteknya non sen. Ga ada. Bagaimana dengan pelajaran buat
hidup? Paling cuma SMK yang udah mengarah kesana, itupun cuma sebatas belajar
tuk jadi pekerja atau buruh pabrik. Sementara sekolah umum nyaris ga pernah
ngajarin gimana kita bisa hidup di dunia yang penuh onak dan duri ini.
Pendapat itu gue kemukakan setidaknya didasarkan pada pengalaman
gue belajar dari TK hingga Perguruan Tinggi yang gue hitung-hitung udah ngabisin
umur gue selama 17 tahun. Kalo ditambah S2, berarti gue udah hampir 20 tahun
jadi pelajar. 20 tahun belajar tapi ternyata sampe sekarang, gue ga bisa
ngapa-ngapain. Giliran listrik di rumah gue padam aja, gue panik keliling
kampung nyari tukang listrik. Begitu juga kalo ledeng bocor, tembok retak atau
jam gue ngedadak ngaco. Gue nyari-nyari orang tuk benerin.
Bukannya gue pengen sekolah ngajarin jadi tukang tembok
atau tukang listrik, maksud gue adalah sekolah ga pernah ngasih kita satupun
ilmu yang bisa diaplikasikan di dunia nyata. Kita sekolah cuma pengen dapet
gelar, bukan karena pengen dapet ilmu yang bermanfaat. Begitu juga dengan gue.
Sampe gue lulus S2, tetap aja ga ada ilmu praktis yang gue bisa pake.
Bagi gue, cuma ada dua pelajaran semasa sekolah dulu
yang kepake sampe sekarang yaitu matematika dan bahasa. Itupun ilmu yang gue
dapet saat kelas 3 SD. Matematika paling gue pake pas ngitung duit gajian,
takut kurang. Itupun terbatas hanya pada ilmu penambahan dan pengurangan. Kalo
sudah harus mengkali dan membagi, gue gunakan makluk kecil bernama kalkulator. Pelajaran
bahasa gue pake tuk ngomong, nulis, baca koran atau nyari-nyari alamat. Bisa
dibayangkan kan, 20 tahun gue nongkrong di kampus dan begitu gue lulus, gue
tetap aja ga bisa apa-apa.
Ngikutin pendidikan memang bikin pengetahuan gue jadi
luas dan beragam, tapi tidak ada satupun yang gue bisa aplikasikan di dunia
nyata. Kecuali matematika dan bahasa serta keterampilan belajar ngetik yang
bisa gue pake saat otak-atik laptop. Padahal ilmu ngetik cepat itupun ga gue
dapet langsung dari sekolahan, tapi gue dapet ketika dikejar-kejar tugas saat
masih jadi mahasiswa dulu.
Menurut gue, belajar di sekolah selama puluhan tahun
itu harusnya udah bikin kita jadi master kehidupan. Membuat kita punya
keterampilan mumpuni untuk hidup dan bersaing di dunia kerja. 20 tahun itu kan
waktu yang ga sebentar. Kalo belajar kungfu selama 20 tahun, mungkin gue udah
bisa ngejagoin di dunia Kangouw (istilah yang gue pinjem dari Kho Ping Hoo).
Kalo belajar masak, mungkin gue udah bisa masak soto Kuda Nil, sate Badak dan
pepes Gajah. Kalo belajar jadi tukang, mungkin gue udah bisa bikin Tembok
Raksasa China atau bikin kapal kayu hanya dalam waktu semalem kayak Sangkuriang.
Kalo gue belajar rias, mungkin gue udah bisa nyulap nenek gue jadi gadis SMU
umur 17 tahun.
Menurut gue, dimasa sekarang pendidikan non-formal
mungkin malah lebih aplikatif buat bertahan hidup dibanding pendidikan formal.
Anak-anak yang ikut kursus keterampilan atau masuk SMK, mungkin ga akan
sebingung anak-anak lulusan SMU. Jujur aja kalo gue tanya sama kebanyakan anak
SMU jaman sekarang, apa sih yang lu bisa? Pasti mereka bingung. Nulis aja kayak
ceker ayam. Mungkin ada yang bisa komputer, tapi kemampuannya cuma maen game atau ngetik surat dengan kecepatan
seperti siput. Belajar Bahasa Inggris enam tahun tapi hanya bisa Yes dan No doang. Bisanya cuma nongkrong di cafe, ngegosip atau belanja
sana sini ngabisin duit orang tua. Jangankan gue suruh kerja di kantoran, gue
suruh narik becak aja pasti langsung nyungsep ke got. Lha jadi tukang becak aja
kagak becus, gimana mau bersaing sama tenaga kerja luar negeri?
Menurut gue, salah satu kelemahan sistem pendidikan
kita adalah bahwa sistem pendidikan kita ga pernah dikaitkan dengan dunia
kerja. Gencarnya pemerintah mendorong sistem pendidikan SMK emang gue salut.
Tapi kenyataannya berapa sih anak SMK yang emang udah siap kerja? Contohnya waktu
gue dateng ke bengkel tuk servis mobil gue. Kebetulan di bengkel itu ada lima
anak SMK lagi magang. Gue lihat mereka bisanya cuma gosok busi atau masang ban
doang. Begitu otak-atik mesin, mobil gue langsung batuk-batuk kayak kakek-kakek
keselek bola tenis. Akhirnya yang benerin tetap aja si pegawai bengkel yang
cuma tamatan SD.
Memang banyak siswa SMU dan SMK yang berprestasi, tapi
lebih banyak lagi yang frustasi. Dulu pemerintah sempet bangga-banggain Mobil
SMK karya anak negeri. Tapi yang dibikin sama siswa SMK cuma body-nya doang. Mesinnya tetap aja pake
mesin Toyota atau Daihatsu. Lha tiga tahun belajar di SMK, kalo cuma bisa bikin bodi kaleng sih tukang las
juga bisa.
Dunia kerja itu keras, Bro. Gue sempet ngalamin
sendiri. Luntang-lantung bawa ijasah kesana kemari dan memohon sambil
nangis-nangis sama orang HRD biar diterima kerja. Padahal kalo dulu gue punya
keterampilan, mendingan gue pengusaha dibanding nyari kerjaan ke orang lain.
Temen gue yang cuma lulusan SD, tapi karena dia terampil bikin boneka, dia udah
kaya-raya. Lha gue, yang lulusan S2, malah jadi boneka atasan gue. Tiap hari
disuruh ini, disuruh itu. Lulusan S2 kayak gue bisa kalah penghasilan sama
lulusan SD udah jadi bukti konkret bahwa ada yang salah dengan pendidikan di
negeri ini. Teman gue lulusan SD udah bisa kawin lagi, lha gue yang pernah
ngenyam pendidikan pascasarjana, boro-boro bisa bisa kawin lagi, buat ngempanin
istri gue yang sekarang aja udah semaput.
Gue ga pernah ngebayangin, gimana kalo pendidikan masa
kini diterapkan di kehidupan jaman Purba. Tiap hari kita belajar Fisika, Kimia
dan Bahasa. Begitu ada Mammoth atau Harimau bertaring panjang, gimana kita bisa
mempertahankan selembar nyawa kita? Paling-paling kita lempar buku tebal
kalkulus tuk nakut-nakutin. Belum lagi kalo kita kelaperan? Apa kita bisa
kenyang dengan makan buku? Kan lebih praktis belajar berburu dan melindungi
diri. Latihan tombak, latihan memanah dan latihan lari tiap pagi. Apa
tujuannya? Ya buat bertahan hidup.
Di jaman sekarang kita pun harus belajar berburu dan
melindungi diri tuk bertahan hidup. Belajar berburu pekerjaan, berburu rejeki
dan berburu penghidupan yang lebih baik. Kita juga harus belajar bertahan hidu
diantaranya dengan bertingkah laku yang baik, supel, ramah, jujur dan memiliki
integritas di masyarakat hingga kita bisa survive.
Tulisan ini tidak mengatakan bahwa pelajaran Fisika,
Kimia, Kalkulus atau pelajaran lainnya itu ga penting. Semuanya penting, tapi
harus disesuaikan dengan tujuannya. Kalau kita bercita-cita bekerja sebagai
peneliti, periset atau ahli di bidang ilmu eksak, ya sudah seharusnya kita
belajar ilmu-ilmu murni kayak gitu. Tapi kalo kita di masa depan ingin kerja
jadi manajer, pengusaha, pegawai kantoran, polisi, apa fisika dan kimia itu
bisa kepake?
Menurut gue, biarlah kita belajar ilmu-ilmu eksakta
sampe SD saja, sekedar pengetahuan umum, kecuali bagi mereka yang bercita-cita
jadi peneliti, dokter, insinyur atau profesi lain yang membutuhkan keahlian
eksak. Sebaiknya yang lain sejak SMP sudah dijuruskan dengan pendidikan yang
mengarah ke keterampilan hidup atau life
skill.
Istilah life skill memang sudah dipake dan mulai
diterapkan oleh Kemendiknas. Tapi yang diberikan cuma keterampilan praktis
seperti perbengkelan, otomotif, elektro dan sebagainya.
Keterampilan-keterampilan itu emang penting kalo kita bermaksud jadi buruh
pabrik atau buka bengkel. Tapi bagaimana kalau ternyata begitu lulus ga ada
pabrik yang ngebutuhin? Tentu mereka harus cari cara lain untuk hidup dan jelas
keterampilan mereka semasa sekolah ga bisa kepake.
Menurut gue, pendidikan life skill itu harusnya bukan cuma keterampilan kerja, tetapi harus
lebih mengarah pada pembentukan karakter dan kepribadian kita sehingga kita
bisa dapet kerja atau membuka lapangan pekerjaan baru.
Setidaknya ada tiga pelajaran life skill yang wajib masuk pelajaran sekolah. Pertama pelajaran attitude, yaitu bagaimana kita berperilaku
dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Ini penting sekali
karena orang-orang yang sukses biasanya mereka yang memiliki attitude yang baik. Kalo kita terampil
berkomunikasi, pandai membawa diri, tau menempatkan posisi kita ditengah-tengah
orang lain, kita akan mudah untuk meraih apapun. Kita disukai orang, banyak
kenalan dan mudah beradaptasi dengan situasi apapun. Dale Carniege, pengarang
buku “How to Win Friends and Influence People” bisa jadi contoh bagaimana attitude bisa membuat orang menjadi
sukses. Buku yang terjual lebih dari 15 juta kopi di seluruh dunia ini membuka
cakrawala kita bahwa attitude, atau
ada juga yang menamainya EQ, merupakan modal paling utama untuk sukses. Percaya
atau tidak, pembawaan dan kepribadian kita, lebih berpengaruh terhadap
kesuksesan dibanding kepintaran otak atau keterampilan kerja. Kalo ga percaya
tanya aja sama manajer, direktur, tokoh politik atau pengusaha sukses. Pasti
semua sepakat kalau keterampilan mereka bersosialisasi lebih berpengaruh
sebagai modal kesuksesan ketimbang sekedar otak encer.
Gue pernah kenalan sama pengusaha sukses untuk
mengetahui bagaimana pentingnya masalah attitude
dalam dunia kerja. Gue berbincang dengan dia karena gue lihat dia selalu
percaya kalau kesuksesan dirinya tidak hanya karena dia pintar, lebih tapi
karena kemampuan sosialisasinya yang bagus. Waktu itu gue sempet nanya “Om, gue
pengen sukses nih kayak, Om. Apa rahasianya?” Terus dia jawab dengan lugas “Hal
yang pertama adalah lu harus punya keterampilan komunikasi yang baik. Kalo lu
pinter sosialisasi dan mudah bergaul, dijamin rejeki akan terbuka luas. Kalau
lu banyak kenalan, lu punya banyak informasi. Kalo lu banyak informasi, maka lu
banyak peluang untuk ningkatin karir atau bisnis lu. Hal kedua adalah lu harus
punya integritas. Bisa dipercaya dan punya komitmen. Kalo hidup lu jujur, lu
siap berkomitmen terhadap pekerjaan, maka lu dijamin sukses!”
Wah otak gue yang bolot bener-bener ga bisa nangkep
omongan si Om pengusaha itu. Jadi gue tanya lagi “Gimana cara ngukur bahwa saya
punya dua keterampilan yang Om katakan itu?” Pengusaha itu tersenyum dan menjawab
“Gini aja, Dik. Kita coba tes. Besok adik akan saya ongkosin untuk pergi ke
suatu kota yang belum adik kenal adat kebiasaannya. Tarohlah di tengah-tengah
Kota Bangkok atau Manila. Adik hanya saya bekalin duit 10 dolar. Kalo adik bisa
bertahan hidup sampai tiga bulan lamanya, berarti adik udah punya attitude yang baik!”
BUSET deh! Tantangan gila jenis apaan nih? Teriak gue shock. Tapi gue pikir itu emang salah
satu cara sableng tuk ngukur seberapa tinggi kemampuan sosialisasi kita.
Bisakah kita membawa diri, di tengah orang-orang yang ga kita kenal, dengan bahasa
yang ga kita pahami, dan kita bisa selamet. Itulah tes tertinggi cara ngukur attitude kita. Kalau kita sudah bisa
begitu, dijamin kita bisa sukses.
Menurut gue, attitude
adalah keterampilan paling pertama yang harus dikuasai anak-anak kita.
Kalau anak-anak kita punya keterampilan seperti itu, dimanapun dia berkarir,
seperti apapun tantangan kerja yang dihadapi di masa depan, dia pasti sukses. Dia
ga akan takut pergi kemanapun karena dia udah punya bekal gimana caranya
meyakinkan orang lain bahwa dia siap kerja dan dia punya komitmen tinggi agar
pekerjaannya selesai dengan memuaskan.
Kalo kita punya kepribadian yang menyenangkan, pandai
berkomunikasi dan punya moral yang baik, dijamin orang lain akan senang. Mau
jadi pedagang ga sulit, mau karir melesat ga susah, mau terjun di kancah
politik juga gampang. Semakin kita banyak kenalan, akan semakin banyak orang
yang menyukai kita dan akan semakin terbuka rejeki kita. Ini sejalan dengan
pelajaran dalam agama Islam yang menyatakan bahwa banyak silaturahmi berarti
membuka pintu rejeki lebar-lebar. Tapi gimana kita bisa membuka peluang
silaturahmi kalo kita ga punya attitude yang
baik.
Apakah para pelajar kita saat ini sudah punya attitude yang baik? Coba kita lihat para
pelajar kita pada umumnya. Rambut gondrong, muka sangar, ngomong pake bahasa
prokem, penampilan kayak gembel, otak tumpul, sukanya cuma hura-hura, balapan
dan sesekali tawuran. Lha, anak kayak gini gimana bisa dijamin sukses? Gue aja
yang rambut cepak, muka lumayan (dibanding Tukul gue masih menang tipis),
pakaian selalu rapi jali, hidup teratur, tetap aja ga bisa sukses. Kenapa?
Karena gue akui gue ga pernah dapet pelajaran attitude. Kalaupun pernah baca buku Dale Carniege, cuman sekedar
teori, ga pernah gue bisa praktekin karena otak dan kebiasaan hidup gue udah
teracuni selama 20 tahun gue jadi zombie di sekolah.
Waktu sekolah gue ga pernah diajari moral, ga pernah
dibimbing gimana cara sopan santun dan memperlakukan orang lain dengan baik, ga
pernah diajari cara meyakinkan orang lain, cara bersosialisasi, cara
berkomunikasi yang baik, cara meraih simpati dan beragam pelajaran life skill lainnya. Kalaupun gue punya
sedikit keterampilan attittude, itu
semua gue dapat dari pengalaman gue sendiri, bukan dari sekolah.
Ilmu kedua yang gue pikir wajib diajarin di sekolah
adalah ilmu manajemen. Bukan manajemen yang ada hubungannya dengan ekonomi,
tapi manajemen diri atau Self Management.
Sebuah ilmu tentang bagaimana kita mengatur diri sendiri untuk bisa meraih
sukses dan bersaing di dunia kerja. Anak-anak harus diajari teori dan praktek
yang bisa membimbing mereka untuk terbiasa hidup disiplin dan penuh semangat. Mereka
harus belajar bagaimana meningkatkan etos kerja, bagaimana menghargai waktu, plus
bagaimana cara memenej uang jajan hingga bisa digunakan untuk sesuatu yang
bermanfaat. Anak-anak juga harus belajar bagaimana berorganisasi. Kalo ini
dilakukan, ga akan lagi tuh kita temui remaja yang tiap hari bangun kesiangan,
hambur-hamburin duit orang tua atau nongkrong dua hari dua malem di tempat maen
game.
Selain attitude
dan manajemen diri, pelajaran ketiga yang
menurut gue penting adalah ilmu bahasa. Di masa depan kita akan ngadepin era
globalisasi. Jadi bahasa merupakan hal wajib bagi anak-anak kita. Ini karena bahasa
sering menjadi kendala saat kita berinteraksi di dunia kerja. Contohnya gue.
Karena keterampilan bahasa Inggris gue belepotan, gue sering kena sial. Ketika
ada bule nyamperin ke kantor, trus bos gue nyuruh gue ngadepin dia sebaga
penerjemah, gue langsung bap-bip-bup ga bisa ngomong.
Bahasa Inggris gue emang benar-benar kedodoran. Tiap
kali gue ngomong, si bule tampak mengerutkan dahinya sambil mikir “Ni makhluk
ngomong bahasa apaan?” Maklumlah, kemampuan bahasa Inggris gue ga banyak
selisihnya sama tukang urut di Bali yang cuma bisa ngomong “Mister, Mister, massage, massage. Your neck
pegal-pegal, your head nyut-nyutan, will disappear! I massage, you enjoy!” Si
bule langsung lari dengan panik sambil mikir “Enjoy apaan, kalo dipijit,
bisa-bisa leher dan pala gue ilang!”
Nah keterampilan bahasa itu penting banget di era
sekarang. Sekarang semuanya pake Bahasa Inggris. Mau maen game aja kelimpungan karena harus nerjemahin dulu. Gue sebagai
orang yang paling bolot dalam bahasa, sering menemui kendala berat. Karena ga
bisa Bahasa Inggris dengan baik, gue sulit ngelamar kerja. Lihat aja di koran,
semua lowongan kerja pake Bahasa Inggris. Belum lagi peluang kerja di luar
negeri atau peluang dapet beasiswa. Meski IPK gue gede, tapi gue ga bisa dapet
beasiswa luar negeri karena kendala bahasa.
Kalo kita bisa bahasa Inggris, dunia kita akan terbuka
luas, ga cuma sebesar daun kelor. Peluang kerja luar biasa banyaknya. Selain
bisa kerja di luar negeri dengan gaji dolar, kita bisa jadi guide, penerjemah,
masuk jadi pegawai Deplu atau sial-sialnya kita bisa jualan kolor ke
turis-turis bule. Jadi alangkah bijaknya kalo sekolah bisa membuat anak-anak
kita mampu ngomong Bahasa Inggris biar agar cas-cis-cus.
Memang sejak SMP, bahkan sejak SD kita udah belajar
bahasa Inggris. Tapi karena sistem pelajarannya yang pasif, jadi ga ada
kemajuan. Enam tahun gue belajar Bahasa Inggris sejak mulai SMP hingga lulus
SMU, yang gue inget cuma Yes-No doang. Tensis sih gue hapal di luar kepala,
tapi giliran suruh ngomong malah kelabakan kayak kambing kebakaran jenggot.
Mestinya sistem pendidikan bahasa di sekolah kita tuh harus diubah. Jadikan
anak-anak pelajar aktif, bukan pelajar pasif yang lebih banyak dengerin guru
ngomong.
Anak-anak harus didorong untuk berani berkomunikasi,
bukan cuma ngapalin grammar doang. Grammar emang penting, tapi kalo cuma
diapalin buat lulus ujian doang, ga ada manfaatnya. Lagian menurut pengalaman
gue, orang-orang bule yang bahasa ibunya bukan Bahasa Inggris juga banyak yang
ngomognya belepotan kagak pake grammar,
toh mereka bisa keliling dunia. Ga pernah tuh gue denger ada bule ditangkap
polisi gara-gara ngomong ga pake grammar.
Paling-paling saat nanyain alamat ke nenek-nenek, kita malah dipeluk karena
disangka ngucapin cinta.
Selain bahasa Inggris, anak-anak juga bisa diajarin
bahasa lain kayak Bahasa Arab, Mandarin, Bahasa Jerman atau Bahasa Rusia.
Bahasa Tarzan juga penting dipelajari biar kalo udah mentok, kita bisa
gerak-gerakin tangan tuk ngebantu bicara.
Kalau gue jadi Presiden, selain memperbaiki kurikulum
pendidikan dan ningkatin keterampilan para guru, tindakan pertama saat gue jadi
presiden adalah memberangus yang namanya UN atau Ujian Nasional.
Sistem UN dikita udah bener-bener ngerusak moral. Gara-gara
UN dianggap satu-satunya standar keberhasilan sekolah, maka para guru terpaksa
mati-matian mengupayakan agar para muridnya bisa lulus. Akibatnya banyak guru
yang melakukan cara kotor tuk bisa ngelulusan anak-anak di UN. Berbagai cara
dilakukan biar semua anak bisa lulus, termasuk ngasih contekan dan nyogok guru
pengawas. Buset....mau dikemanakan pendidikan kita? Anak-anak yang masih pada
polos udah diajarin maen curang. Apa mau kalau mereka kerja nanti mereka pada
jadi koruptor semua? Kecil-kecil udah diajarin ngehalalin berbagai cara tuk
ngeraih keinginan. TOBAAT...TOBAAT...!!!
Selain ngajarin
curang, kelakuan oknum guru memberikan contekan juga berarti guru telah
MENDHOLIMI murid-murid pinter. Saat gue kecil dulu, gue paling kesal kalo ada
guru ngasih contekan saat ujian. Dulu waktu SD gue termasuk anak pinter yang
selalu masuk sepuluh besar (kalo ga percaya lu boleh liat raport gue). Gue
masih inget pengalaman gue waktu Kelas 6 SD. Waktu itu gue mau menghadapi ujian
nasional, dulu namanya EBTANAS. Seperti biasa gue belajar semaleman. Eh
besoknya, tiba-tiba guru ngebagiin contekan. Tentu saja gue kesel setengah
mati. Gue yang belajar mati-matian ampe ga tidur sampe Shubuh, nilainya kalah
sama temen gue yang ga belajar. Gue marah besar. Gue merasa DIDHOLIMI,
DIKHIANATI dan DITIPU sama guru gue. SOMPRET, KAMPRET, KUTU KUPRET!
Gara-gara kejadian itu semangat gue untuk belajar
langsung hilang. Ngapain gue belajar kalo toh akhirnya gue kalah sama
teman-teman gue yang lebih bego dari gue. Coba bayangin, anak kecil seumur gue
udah ngerasain sakitnya didholimi. Temen-temen gue yang baru segede upil juga
udah belajar bahwa berlaku curang itu enak.
Yang bikin gue dongkol, semua itu kita dapat dari
sebuah lembaga keramat yang bernama SEKOLAH. Sekolah yang seharusnya menjadi
tempat dimana anak-anak seharusnya diajarin tentang moral, akhlak dan ilmu
tentang kebenaran. Tempat seharusnya kita diajarin bahwa kalo kita berusaha
lebih keras, maka kitadapet penghargaan lebih tinggi. Tempat kita seharusnya dibekali
pengetahuan bahwa dunia ini adil, anak berbudi akan menang dan anak yang jahat
akan kalah. Tempat dimana seharusnya kita belajar bahwa kebenaran diatas
segalanya. Bahwa kebaikan itu ga akan pernah dikalahin sama kejahatan. Tapi
buktinya? Yang curang malah menang, penipu malah lulus. Gue yang jujur malah
terseok-seok nyaris ga bisa masuk SMP negeri.
Apakah dengan
tulisan ini berarti gue anti UN? Sama sekali kagak. UN sebagai sebuah perangkat
evaluasi gue setuju, yang gue empet adalah sistemnya yang bener-bener ga
mendidik. Di negara-negara maju juga ada evaluasi yang mirip-mirip UN. Bedanya
kalo disana UN digunakan untuk ngukur kemampuan guru tapi kalo disini UN
digunakan untuk ngukur kemampuan siswa. Di negeri kita, kalo ada anak yang ga
lulus UN, yang disalahin adalah anaknya, bukan gurunya. APA INI GA KEBLINGER?
Apa pemerintah ga inget kata pepatah ‘Guru kencing berdiri, murid kencing
berlari’?
Kemampuan murid itu gimana gurunya. Kalo muridnya
goblok, berarti gurunya yang tolol. Tapi negara kita malah keblinger. Kalo si
murid gagal ujian, maka si murid yang salah, bukan gurunya. Gurunya yang kagak becus ngajar, eh murid yang
jadi korban. Mereka terpaksa harus tinggal kelas alias ga lulus. Padahal
menurut gue ga ada murid yang bodoh, yang ada guru yang bego. Kalo muridnya
pada bolot, harusnya gurunya yang dievaluasi. Ini malah murid yang ga lulus yang
disalahin dan dianggap ga becus. Lha selama ini yang ngajarin para murid itu
siapa? Bukannya guru? Masa tukang ojek atau penjaga sekolah.
Gue sering miris lihat anak-anak SMU pada histeris,
nangis kejer-kejer karena ga lulus. Sementara gurunya senyum-senyum sumringah
karena baru dapet duit sertifikasi. Sebenarnya guru ga 100% bisa disalahin.
Mungkin ada oknum guru terpaksa ngasih contekan karena takut disalahin sama
pengawas atau orang dari Dinas Pendidikan. Yang gue kritisi adalah APA HAK
PEMERINTAH SAMPE GA NGELULUSIN MURID YANG IKUT UJIAN? Mereka tuh siswa kita,
siswa yang udah belajar bertahun-tahun menuntut ilmu. Apa hanya karena ga lulus
UN terus si murid mesti tinggal kelas? Mesti ngulang pelajaran? Atau yang lebih
parah lagi mesti menanggung malu seumur hidup gara-gara ga bisa masuk sekolah
yang lebih tinggi?
Pernah ga sih menteri pendidikan itu ngerasain
bagaimana rasanya anak yang gagal naik kelas? Status tidak naik kelas adalah
suatu siksaan yang luar biasa berat yang sulit ditanggung oleh remaja apalagi
anak-anak yang jiwanya masih labil. Selama setahun dia harus menanggung malu
duduk di kelas yang sama. Malu sama guru, malu sama teman-teman sekelas, malu
sama keluarga, malu sama tetangga.
Rasa gagal ini akan menghantui diri si anak seumur
hidup. Apa pak Menteri mau tanggungjawab dunia akhirat pada nasib siswa-siswa
seperti ini? Merusak masa depan anak-anak hanya dengan tes sableng yang bernama
UN. UN dianggap dewa yang bisa
menentukan kualitas murid. Pantes saja di negeri ini koruptor bejibun, penjahat
numpuk dan penjara terus penuh. Lha tes kelulusan hanya diukur sama pelajaran
sekolah. Mana tuh tes moral, tes attitude,
tes akhlaq? Apa itu bukan ukuran untuk menyatakan kelulusan seseorang? Ngapain
dapet nilai Matematika 100, Bahasa Inggris 100 kalo moralnya jeblok.
Seharusnya UN itu dibuat untuk ngukur kualitas guru,
bukan kualitas murid. Kalo ada sekolah yang muridnya ga lulus UN, si guru yang
harus ditangkep dan disekolahin lagi. Jangan malah si murid yang jadi korban.
Tidak boleh lagi ada istilah tinggal kelas atau tidak naik kelas. Biarkan
anak-anak mengikut jenjang pendidkannya sesuai pertambahan usia mereka. Kalau
sudah waktunya naik kelas ya harus naik kelas. Ga ada istilah tinggal kelas.
Tujuan pendidikan itu adalah memberikan bekal ilmu pada siswa, bukan
memperlakukan siswa berdasarkan jenjang kelas kayak tentara. Kalau seorang anak
SD sudah melewati enam tahun belajar, anak SMP dan SMU sudah belajar selama
tiga tahun, ya mereka harus lulus. Biarkan mereka mengenyam pendidikan yang
lebih tinggi. Menikmati hidupnya dan merangkai masa depan.
Masa depan anak-anak kita tidak bisa diukur dari
kemampuan menyelesaikan ujian FISIKA, KIMIA, MATEMATIKA dsb. Ada yang goblok
matematika tapi ternyata sukses jadi pengusaha. Ada yan bolot Bahasa Inggris
tapi menjadi penyanyi ternama internasional. Ada yang tolol PPKN tapi ternyata
jadi ustad dan penceramah kondang. Banyak contoh orang sukses yang ternyata
dulunya saat sekolah jeblok di ujian. Contohnya Einstein. Di masa kecilnya
Einstein dianggap siswa yang lambat menerima pelajaran dan pemalu. Tapi saat
dewasa dia sukses menciptakan Teori Relativitias yang membuatnya dinobatkan
sebagai ilmuwan terbesar Abad 20. Coba kalo dulu si Einstein ini sekolah di
Indonesia, dia pasti bertahun-tahun harus tinggal kelas dan akhirnya begitu
lulus hanya jadi tukang becak.
So, jangan rusak psikologis mereka dengan hukuman
sableng yang ga ada dasarnya. Jangan langsung menuding seorang murid goblok dan
tolol hanya karena dia lambat menerima pelajaran dan tidak lulus ujian. Jangan
pernah berpikir sempit kalo kemampuan seorang anak itu hanya bisa dinilai dari
pelajaran di sekolah. Masih ada ribuan pelajaran lain yang akan membentuk
karakter dan kemampuan mereka yang didapatkan dari luar sekolah. Gara-gara
pendidikan nasional yang keblinger, berapa ribu calon atlet masa depan yang
gagal beraksi karena waktu kecil dipaksa duduk manis di bangku kelas? Berapa
ribu calon artis dan seniman ternama masa depan yang gagal mengeluarkan
potensinya gara-gara disuruh duduk kaku belajar sesuatu yang tak berguna? Berapa
ribu calon Einstein yang runtuh secara psikologis, gagal lulus dan terpaksa
kerja serabutan gara-gara sistem pendidikan kita yang GILA? Apa mau semua orang
di Kemendiknas mau masuk neraka gara-gara itu? KAMPRET!
Selain UN, ada satu lagi kebijakan sistem pendidikan
yang benar-benar merusak moral bangsa yaitu BOS. Kebijakan dana Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) atau dana-dana sejenis itu dalam pelaksanannya
benar-benar ngaco belo. Bantuan seperti ini emang penting, tapi kenapa dalam
pelaksanaannya harus sekolah yang ngelola? Apa ga bisa dikerjain pihak lain? Bisakah
kita biarin para guru untuk fokus ngajar, bukannya ngurusin proyek?
Gue jadi miris liat guru-guru pada stres ngurusin
proyek, dikejar-kejar wartawan, digangguin pihak ketiga dan diperiksa sama BPK.
Kondisi kerja yang biasanya terjadi di instansi pemerintah, dinas, badan dan
kantor jadi pindah ke lingkungan sekolah. Banyak guru yang tadinya taunya cuma
mengajar dan mencerdaskan anak bangsa, sekarang saling sikut rebutan proyek,
gontok-gontokan gara gara proyek dan masuk penjara akibat nyolong duit proyek.
Jaman dulu, guru itu dianggap brahmana, manusia
setengah dewa, pahlawan tanpa tanda jasa. Sekarang? Banyak guru yang terancam
resiko masuk neraka. Guru yang memiliki profesi mulia pada di seret ke
pengadilan dan dijeblosin ke penjara. Apa kita sebagai murid yang pernah dapet
pendidikan dari mereka kagak akan kwalat? Kalo ada guru yang sampe masuk
penjara gara-gara proyek, bukan guru yang salah, tapi pemerintah kita yang
keblinger ngasih duit proyek ke guru. Kasihan kan mereka itu!
Kalo emang niatnya mau meningkatkan kualitas
pendidikan, beri para guru itu pelatihan dari para pakar pendidikan terbaik.
Perbaiki kurikulum agar sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Perkuat reward and punishment buat para guru
sehingga mereka berlomba-lomba ningkatin kualitas diri. Pecat guru yang
sableng, naikan gaji guru yang beprestasi hingga 1000 kali lipat. Biarkan para
guru menjadi dewa-dewa di bumi yang tugasnya memperbaiki moral, meningkatkan
keterampilan dan mengembangkan pengetahuan para murid. Lemparkan saja proyek
sama para koruptor biar pada gendut.
Nah itulah sedikit ceramah gue buat para pejabat dan
pimpinan gue di Kementrian Pendidikan termasuk buat para kepala dinas di
daerah-daerah. Kapan lagi Bapak-bapak bisa berbakti buat negeri ini kalo bukan
sekarang? Jadi ayo perbaiki pendidikan kita biar masa depan putra-putri kita
terjamin.
Gara-gara nulis ini, semalem gue mimpi ketemu Ki Hajar
Dewantara. Beliau berkata sambil nepuk-nepuk pala gue “Bagus...bagus, emang
kamu generasi muda yang sangat peduli masa depan bangsa. Tapi lain kali, tolong
perbaiki bahasanya ya! Sedikit sopan santun, jangan bisanya cuma memaki-maki. Nanti
kamu malah makin ngerusak generasi masa depan karena pilihan bahasamu yang
sableng!”
Gue pun manggut-manggut meresapi semua wejangan beliau.
***
No comments:
Post a Comment