Sebagai orang yang sering stress akibat tekanan kerjaan di kantor, dunia hiburan merupakan hal yang sangat penting bagi hidup gue. Kalo orang tajir biasanya ngilangin stres dengan cara dugem, nenggak wiski di bar atau liat tari-tarian di pub-pub erotis, bagi gue yang kere, satu-satunya hiburan yang bisa terjangkau sama dompet gue cuma TV. Jadi begitu gue pulang dari kantor, abis mandi biasanya gue langsung ngejogrok di depan TV sampe kantuk menyerang.
Biarpun status gue adalah pecinta TV, tapi jangan lu bayangin TV gue bentuknya TV flat segede home theater, kayak yang ada di iklan-iklan. TV milik gue benar-benar masih jadul, ngejogrok segede kotak kulkas mini hingga ngabisin sepertiga ruang tengah di rumah gue.
Kalo lagi nongkrong di depan TV tua yang umurnya lebih
uzur dari umur nenek gue, gue selalu terkenang masa-masa kecil gue dulu. Ketika
itu TV masih jarang. Karena tidak ada hiburan di rumah, hiburan di luaran jadi
pilihan yang mengasyikan. Dulu banyak atraksi hiburan yang murah-meriah yang
bisa dinikmati. Karena bioskop juga dulu belum banyak, jadinya hiburan langsung
di pasar-pasar atau pusat perbelanjaan jadi pilihan remaja dan anak-anak
seangkatan gue.
Waktu gue TK, selain sulap atau debus, atraksi yang gue
suka adalah pertunjukan sirkus. Waktu itu masih ada rombongan sirkus yang suka
keliling dari kota ke kota tuk ngadain pertunjukan. Beberapa hari sebelum
pertunjukan, ada mobil yang keliling bawa speaker besar. Orang di dalam mobil
berkaok-kaok lewat speaker “BAPAK-BAPAK, IBU-IBU, ENYAK BABE, DATANGLAH,
SAKSIKANLAH, PERTUNJUNGAN SIRKUS TERBESAR ABAD INI, AKAN DIADAKAN TIGA HARI
LAGI, JANGAN LEWATKAN KESEMPATAN INI!” Biasanya puluhan anak-anak menyambut
ceria pengumuman ini dan lari-lari ngikutin mobil keliling pelosok kota.
Menurut gue, pertunjukan sirkus adalah atraksi paling
memukau di dunia. Aksi menakjubkan
dimana para pemainnya mempertunjukan batas kemampuan luar biasa yang bisa
dicapai seorang manusia. Mereka bisa berloncatan, menggelantung di seutas tali
dan ngendaliin binatang buas. Sungguh performa yang luar biasa yang dihasilkan
dari latihan berat selama bertahun-tahun.
Entah kenapa beranjak gede, tontonan sirkus ini makin
jarang ditemui. Saat gue SD, udah ga ada lagi rombongan pertunjukan sirkus
masuk kota. Paling-paling yang ada pertunjukan norak di pasar-pasar yang ga ada
hubungannya sama sirkus. Misalnya atraksi jenglot, aksi orang aneh atau mayat
sapi berkaki enam yang diawetkan dan diarak keliling pasar.
Mulai menjamurnya film di berbagai bioskop di kota-kota
besar mungkin menjadi alasan kepunahan atraksi sirkus. Orang lebih suka nonton
adegan boongan di bioskop ketimbang nonton atraksi nyata. Hal ini membuktikan
bahwa bangsa kita lebih suka ditipu lewat sulap teknologi dibanding nonton
atraksi brilian para pemain sirkus. Tahun 80-an memang tahun keemasan bisnis
gedung bioskop di Indonesia. Dulu waktu
gue SD, di kota kecil tempat gue tinggal aja ada tiga gedung bioskop yang tiap
malam minggu selalu penuh. Tiketnya pun bervariasi. Ada bioskop kelas kacang
dengan tiket Rp. 1500, sampe bioskop kelas elit dengan tiket Rp. 5000an. Dulu
duit segitu udah termasuk gede karena bakso aja seinget gue cuma Rp. 500
semangkok.
Gue kadang mikir gimana nasib para pemain sirkus yang
dulu gelantungan di tiang atau jalan di atas tali. Juga binatang-binatang
atraksi itu. Gue ga tau gimana masa depan mereka. Mungkin gajah dan singa pada diberi pesangon kemudian dipaksa pensiun
dini dan berbondong-bondong masuk kebun binatang.
Sekarang saat umur gue udah bangkotan, udah jarang ada
atraksi hiburan rakyat yang bisa dinikmati secara live, kecuali konser dangdut.
.
Jaman tahun 80-an, masyarakat disihir dengan
menjamurnya film-film keren di banyak bioskop. Film Indonesia masih banyak digemari
semisal film Sundel Bolong, film Rhoma Irama atau film Dono-Kasino-Indro. Film
laga juga banyak menyedot penonton. Saat itu ada dua jagoan yang mendominasi
film laga yaitu Barry Prima dan Advent Bangun. Wah kalo ada dua tokoh ini yang
meranin jagoan, bioskop langsung berjejal dipenuhi orang.
Waktu itu di kota kelahiran gue, film-film barat
produksi Hollywood belum mendominasi kayak sekarang. Penontonnya pun terbatas
hanya di kalangan tertentu. Film Hollywood malah masih kalah pamor sama film Bollywood alias film India.
Bokap gue termasuk yang paling maniak sama Film India. Benar-benar penggemar
berat. Minimal sebulan sekali bokap pasti ngajak gue, nyokap, nenek, dan ketiga
adik gue yang masih balita tuk nonton bareng. Karena gue waktu itu anak paling
gede dan udah nginjak kelas empat SD, maka gue lah yang sering jadi korban
ngumpulin dana bulanan tuk biaya nonton. Sepulang sekolah gue tiap hari bantuin
bokap dagang di pasar. Ngumpulin kardus dan karung bekas selama sebulan, terus
dijual buat biaya nonton Film India.
Biasanya, gue sekeluarga nonton film yang tayang pukul
8 malam. Abis magrib kita semua dandan abis-abisan. Nenek gue sibuk dandanin
tiga orang adik gue yang udah agak gedean. Sementara nyokap sibuk masang popok adik gue paling bontot
yang baru umur satu tahun. Sejam kemudian kita udah pada rapi jali kayak anak
wayang mau kondangan. Padahal kalo gue pikir sekarang, ngapain waktu itu kita
semua pada dandan. Siapa yang mau ngeliat wong nontonnya malem-malem.
Selesai dandan, rumah dikunci dan kami semua rame-rame menuju
ke jalan raya tuk nyegat delman yang lewat. Sebentar kemudian ada delman yang
ngedekat dan berenti di depan kita. Setiap ada delman yang ngedekat ke
rombongan keluarga gue, gue sering lihat dikotomi antara kusir delman dengan
kudanya. Si kusir memandang kami dengan mata sumringah dan hati bahagia karena
membayangkan uang recehan yang bakal dia dapet. Kebalikannya, si kuda memandang
kami dengan mata melotot kayak sapi ketemu tukang jagal. Mungkin kuda itu mikir
dalam hati “GA SALAH NIH? GUE HARUS NGANGKUT ONDEL-ONDEL SEBANYAK INI?”
Wajar kalo tu kuda mendadak jantungan. Soalnya dia dipaksa
harus ngangkut tujuh orang sekaligus. Bokap, nyokap, nenek dan kami kakak
beradik empat orang. Mana nyokap gue gendut, sementara gue dan adik-adik gue
juga badannya pada bulet semua. Begitu kami semua udah naik, mulailah terjadi holocaust buat si kuda. Sambil
dipecut tiada henti, dia harus tertatih-tatih narik kami semua menuju bioskop.
Bagi si kuda, masa-masa ketika harus ngangkut keluarga
gue passti merupakan masa penderitaan yang tak terhankan. Apalagi jalan di kota
gue naik turun kayak di San Francisco. Saking beratnya beban yang dibawa si
kuda, dia sering mogok hingga Pak Kusir terpaksa harus turun ikut dorong.
Karena peristiwa ini gue sering nolak kalo bepergian pake delman. “Kasihan dong
kudanya!” Kata gue ke nyokap. Tapi nyokap gue dengan diplomatis menjawab “Kalo
kasian sama kudanya, ya kita harus naik delman. Kalo ga naik, Pak kusir ga
dapet duit, trus kudanya mau makan darimana?” Nah kalo dah gitu, gue terpaksa
naikin tu delman. Kayaknya emang udah nasib si kuda harus menelan buah
simalakama.
Nonton bioskop di kota kecil kayak di tempat kelahiran
gue selalu jadi hal yang seru. Apalagi nonton film India, wuih...sensasinya ga
tergantikan deh. Film India ini banyak digemari masyarakat kampung karena
durasinya yang panjang. Dulu satu film berdurasi rata-rata tiga jam bahkan ada
yang hampir empat jam. Saking panjangnya tu film, di tengah adegan selalu ada intermission atau intermezo, semacam jeda yang menunjukan peralihan alur cerita. Nah
biasanya bioskop tempat gue dah ngerti, kalo ada jeda ini, film langsung
dihentikan dulu selama 15 menit dan semua lampu dinyalakan tuk beri kesempatan
penonton narik napas.
Petugas bioskop udah ngerti kalo perlu ada jeda
istirahat diantara pergantian film. Soalnya nonton film India itu emang heboh
banget dan bikin kita cape. Apalagi penonton jaman dulu lebih interaktif, ga
cuma duduk ngejogrok kayak penonton sekarang. Kita semua mencoba ikut larut
dalam alur cerita (setidaknya itu terjadi di kampung gue). Begitu penjahat
muncul kita semua teriak bareng “Wuuuuu...!” Ketika jagoan datang, meski selalu
terlambat, kita semua tepuk tangan sambil suit-suit. Emosi benar-benar
terkuras. Kadang kalo lagi adegan nari-nari, kita juga ikut goyang sampe gedung
bioskop nyaris roboh.
Begitu ada jeda istirahat 15 menit, semua penonton
langsung serabutan. Ada yang rebutan ke WC, ada yang beli gorengan ke depan
gedung, ada juga yang lari-larian sebagai pemanasan tuk ngikutin cerita
berikutnya. Karena ada jeda itulah, nyokap gue sendiri udah antisipasi. Siap
dengan enam nasi bungkus buat kami dan satu botol susu formula buat adik gue
yang paling bontot. Dengan cara ini kami bisa langsung mengganyang nasi bungkus
itu dan ga perlu jajan ke luar gedung. Irit dan praktis. Cara ini ga cuma
dilakukan keluarga gue, tapi banyak juga penonton lain yang bawa bekal. Mereka
makan minum sambil bersemangat ngobrolin film yang sedang di tonton, termasuk
meramalkan gimana endingnya nanti.
Kalo gue pikir sekarang, penonton jaman dulu emang pada
norak. Tapi waktu itu, bagi gua yang masih anak-anak, interaksi antar penonton
benar-benar jadi kenangan yang mengasyikan. Kita kayak keluarga besar yang
dipertemukan dalam satu ruangan. Saling tawarin makanan sama penonton lain dan
adu ngotot tentang lanjutan cerita hingga lupa waktu. Makanya wajar kalo begitu
film dimulai dan semua lampu padam, kami sering sibuk setengah mati menghindari
makanan nyasar ke idung.
Kenapa dulu film India digemari kalangan menengah
bawah? Karena film India itu terkenal dengan alur ceritanya yang ga ribet. Kita
ga usah mikir yang rumit-rumit. Ga perlu jadi orang pinter buat ngerti film India. Semua jelas, mana yang jadi
jagoan dan mana yang jadi penjahat. Lagian siapapun jagoannya, mau Mithun
Chakraborty, Amitabh Bachchan, Salman Khan atau siapapun, penjahatnya tetap
satu yaitu Tuan Thakur yang biasanya diperanin Amrish Puri.
Ceritanya film India itu
selalu mirip. Biasanya di suatu daerah
ada polisi jujur bernama Arjun (Gue ga tau kenapa selalu namanya Arjun, emang
ga ada nama lain di India?). Nah tar si Arjun ini dijahatin sama Tuan Takur.
Keluarganya di bunuh, adiknya diperkosa. Si Arjun sendiri disiksa sampe teler.
Cerita berlanjut ketika Si Arjun mulai ngumpulin kekuatan tuk balas dendam. Dia
ngelepasin seragam polisinya, trus ngeburu Tuan Takur dan pentolannya. Akhirnya
Tuan Takur berhasil ditangkep sama si Arjun, terus digebukin berkali-kali
hingga semaput. Film diakhiri dengan matinya si Tuan Thakur dan ditangkepnya
si Arjun oleh pihak berwenang (bukti
bahwa di India juga ga boleh main hakim sendiri, karena hukum diatas
segalanya).
Menurut gue, ending
pemukulan terhadap penjahat ala India merupakan sesuatu yang fenomenal. Sebuah adegan
balas dendam yang paling heboh dari semua jenis film yang ada. Penjahat di Film
India ga pernah sekali jedor terus mati kayak film Hollywood. Selalu harus ada
adegan pemukulan berkali-kali dengan setting tempat berbeda-beda. Pertama di
pukulin di jalan, terus dipukulin di rumahnya, terakhir dipukulin di atas bukit
atau di atap gedung hingga jatuh dan mati. Saking banyaknya pukulan, gue pernah itung berapa kali si Arjun mukulin
Tuan Takur hingga dia ko’it. Ternyata jumlahnya lebih dari lima puluh pukulan.
Buset kuat amat
si Takur ini. Ya gimana
ga kuat wong mukulnya aja ga kena he he..
Nah itu cerita indah pengalaman gue saat bioskop
Indonesia sedang dimasa jaya. Begitu gue masuk SMP, VCD mulai nyerbu pasaran. Cerita
bioskop pun tamat. Tiga gedung bioskop di kota gue, salah satunya malah punya
empat studio, semuanya perlahan bangkrut satu persatu. Kalaupun ada bioskop
yang masih bertahan, film yang ditayangin udah ga bermutu. Semuanya film berbau esek-esek hingga bikin juri Piala
Citra kena kanker otak. Gimana bisa
nentuin juara, lha semua film Indonesia yang ada nyaris amoral.
Saat ini, dengan terpuruknya bioskop akibat serangan VCD
dan DVD bajakan, satu-satunya pilihan hiburan murah cuma televisi. Sayang acara
televisi negeri ini kebanyakan bener-bener murahan. Kita terbuai dengan
tontonan di TV yang semuanya mirip dagelan. Kita dinina-bobokan dengan
sinetron-sinetron murahan karya anak negeri. Sinetron yang kebanyakan bikin gue
muak karena membuat anak-anak jadi pada sableng.
Gara-gara sinetron keblinger yang sering memperlihatkan
adegan KDRT dengan kata-kata kasar, anak-anak dan remaja Indonesia jadi
terpengaruh. Moral mereka jadi pada bobrok. Contohnya keponakan-keponakan gue.
Anak-anak ingusan itu jadi pada bertingkah pongah dan ngomong kasar.
Ngerinya pengaruh sinetron terhadap anak-anak dan
remaja pernah gua alami sendiri. Waktu itu gue ngunjungin kakak ipar gue yang
anaknya udah empat dan masih pada kecil-kecil. Saat itu gue ngalamin adegan
yang nyaris bikin jantung gue loncat ke got. Baru saja gue buka pintu rumahnya,
gue udah ditontonin adegan sadis. Ponakan gue cewek yang paling gede, umur
delapan tahun, lagi ngegampar adiknya yang paling bontot yang baru berusia dua
tahun. “Buak!” Si adik langsung terkapar. Anak yang kedua, cowok umur enam
tahun, langsung menindih si adik sambil teriak “Smack Down!” sampe si adik
klenger.
“BUSET, ADEGAN SADIS APAAN NIH?” Teriak gue histeris.
Belum lagi gue sempet nolongin si adik yang semaput, kakaknya yang cewek, anak
yang ketiga, umur empat tahun, berkacak pinggang sambil melotot ke arah gue
“Jangan ikut campur! Dia anak haram, ga boleh ditolongin!” Teriaknya dengan
gaya mirip artis tua ga laku lagi meranin ibu tiri yang kejam.
KAMPRET, anak segede upil berani membentak gue, gue
langsung terbawa emosi. Gue coba tangkep ponakan gue itu dengan jurus Harimau
Menerkam Kambing. Tapi gerakan gue kurang cepat. Tanpa gue tahu kapan
berdirinya, ponakan gue yang tadi menindih adiknya, tiba-tiba menendang selangkangan
gue dari belakang. Gue pun tersungkur pingsan nyaris harus operasi kelamin.
Sejak kejadian itu gue bener-bener paling benci dengan
yang namanya sinetron. Meski ada beberapa sinetron yang cukup berkualitas, tapi
kebanyakan sinetron di TV hanya nayangin kekerasan rumah tangga. Anak-anak jadi
terbiasa sama adegan melotot, ngegampar, nendang dan berbagai bentuk penyiksaan
lainnya. Mereka juga jadi terbiasa berkata kasar niru para ibu-ibu jahat di
sinetron. Busyet, pada kemana tuh orang-orang bermoral yang ada di Badan Sensor
Film? Fungsi sensor itu kan bukan cuma guntingin gambar bugil doang. Tapi
adegan-adegan kasar dengan kata-kata ala preman juga mestinya ikut di buang.
Kalo adegan ciuman ato gambar bugil paling-paling bikin kita konak doang, yang lebih
bahaya justru adegan maen kemplang itu plus ucapan-ucapan kasar yang gampang di
tiru anak-anak.
Yang lebih bikin miris lagi, sinetron di kita tuh ga
jelas alur ceritanya. Kalo kita nonton sinetron ala barat atau ala korea kan
jelas tuh endingnya. Awalnya si pemeran utama banyak menderita, tapi pada
akhirnya dia menang dan happy ending ever
after. Lha sinetron di kita? Justru sebaliknya. Gue pernah nonton sinetron
terpanjang di dunia yang tayang dari mulai gue kelas 1 SMA sampe gue tingkat
tiga di perguruan tinggi. Ceritanya tentang seorang cewek miskin baik hati yang
berjuang dapetin cowok kaya. Dari sejak gue satu SMA sampe gue jadi mahasiswa
tingkat tiga, si cewek masih aja
sengsara. Digebukin mertua, digampar kakak ipar, diracun, ditabrak dan segala
jenis penyiksaan lainnya yang cuma ada di sinetron Indonesia. Sampe sinetronnya
berhenti tayang, ga jelas tuh nasib si cewek. MANA HEPPY ENDINGNYA? Teriak gue
sewot. Kalo semua sinetron ga jelas endingnya kayak gini, tar generasi muda
mikir “ngapain jadi orang baik, toh tetap aja sengsara seumur hidup. Mendingan
jadi orang jahat aja, kaya raya dan hidup sentousa sampe akhir!” Nah kalo anak
muda udah mikir kayak gini, gimana nasib masa depan negeri ini?
Apa ga bisa produser sinetron negeri ini niru film sinetron
ala Korea atau Jepang? Perasaan di sinetron mereka ga ada tuh adegan gampar,
tendang, racun, keroyok dan tabrak kayak di kita. Tapi tetap aja film-film
mereka laku hingga bisa dijual ke negara lain. Kalo di sinetron kita, penjahat
biasanya digambarkan sama ibu-ibu atau remaja yang selalu melotot, memaki-maki,
senyum sinis, gampar sana gampar sini. Beda sama sinetron negara asia lain yang
penjahatnya digambarkan lebih lembut dan elegan.
Negeri ini bangkrut? Wajar. Krismon tak berujung? Wajar
juga. Lha wong sinetronnya aja kayak gitu. Orang baik sengsara seumur hidup,
orang jahat bahagia sepanjang hayat. Apalagi sinetron remaja sekarang lebih
banyak nampilin gaya konsumtif. Naik mobil mewah, belanja-belanji, pesta-pesta.
Yang ditayangin cuma intrik-intrik pacaran di kalangan anak-anak borju. Ga
sadar apa kalo rakyat kita 90% hidup sengsara. Apa ga bisa bikin sinetron kayak
Si Doel Anak Sekolahan yang lebih nonjolin kesederhanaan dan ngegambarin
kehidupan rakyat yang sesungguhnya? Atau sinetron Para Pencari Tuhan yang lebih
nonjolin sisi relijius. Toh jenis-jenis sinetron kayak gitu juga tetap laku di
pasaran kan?
Gue saranin sama produser sinetron Indonesia, mbok ya
sadar toh. Jangan cuma nayangin sinetron cinta-cintaan yang sarat dengan
kekerasan, dengki dan iri hati. Kalau mau, buatlah sinetron yang lebih
menonjolkan karakter yang baik. Sinetron lembut yang manis kayak pisang rasa
coklat. Sinetron yang lebih banyak nampilin antara si baik dan si jahat dimana
si baik pada akhirnya menang.
Emang gue sendiri sadar ga semua sinetron cinta-cintaan
ala remaja itu jelek. Contohnya sejumlah film remaja FTV yang sekali tamat.
Banyak cerita cintanya yang cukup menggugah. Mungkin karena ga kejar tayang
kayak sinetron, jadi skenarionya cukup manis, alur ceritanya juga lumayan.
Meski gue udah bangkotan, gue masing seneng nonton acara FTV baik yang remaja
maupun yang untuk semua umur. Film FTV remaja yang gue sukai terutama yang
bercerita tentang orang miskin ketemu pacar orang kaya. Meski hal itu nyaris
mustahil terjadi di dunia nyata, tapi setidaknya bikin remaja miskin dan kere masih
memiliki harapan hidup. Judul-judulnya juga asyik terutama yang banyak nampilin
gambaran kehidupan sederhana. misal Diary Anak Tukang Jengkol, Cinta di Emperan
Pasar, Tukang Ojek Naik Pangkat dsb. Yang gue sukai terutama settingnya yang
sering dilakukan di objek-objek wisata kayak Bandung, Bali atau Jogjakarta. Benar-benar
positif tuk ngangkat keindahan wisata tanah air.
Ngomong-ngomong tentang acara TV, gue jadi inget acara
TV tahun 80-an. Dulu belon ada TV swasta, yang ada cuma TVRI tercinta. Mungkin
karena TV versi pemerintah, acaranya tuh selektif banget, kalo ga ngedidik, ga
ditayangin. Buat yang umurnya udah bangkotan pasti inget acara TV jadul kayak
Si Unyil, Rumah Masa Depan, Aneka Ria Safari, Ria Jenaka, Losmen, ACI (Aku
Cinta Indonesia), Jendela Rumah Kita atau Berpacu Dalam Melodi.
Waktu gue nyari-nyari di internet, ternyata masih ada
copy dari acara-acara jadul tersebut. Busyet, bener-bener bikin otak gue
ngelayang ke jaman gue SD. Bikin terharu sekaligus ngakak. Jadi gue juga
acungin jempol sama TV-TV swasta sekarang yang masih ngadain acara TV dengan
format jadul kayak acara Si Bolang, Laptop Si Unyil, atau yang sejenisnya.
Jadi kesimpulannya, TV itu ada positif ada negatifnya.
Tapi mbok ya yang negatif itu di buang aja. Kalaupun maksa sinetron-sinetron
KDRT dengan kata-kata kasar itu mau ditayangkan, ya dipindah aja ke jam late night, jangan di jam prime time yang banyak ditonton
anak-anak.
Nah buat direktur televisi sama produser, gue
ngingetin, tanggungjawab lo tuh besar. Setiap acara TV yang lo tayangin, akan
berpengaruh besar terhadap perkembangan moral dan mind
set anak-anak dan generasi muda kita. Hidup lu tuh punya tanggungjawab, ga
cuma bisnis dan nyari duit semata, apalagi cuma ngejar rating. Kan banyak juga contoh film yang sarat pesan moral tapi
ratingnya tetap tinggi. Kalo lu mau denger pesan gue ini dan menyeleksi acara
lu dengan lebih selektif, lu pahlawan gue. Kalo kagak, GO TO HELL KAPITALIS!
***
PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA
ReplyDeleteWebsite paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
Memiliki Banyak Permainan yang digemari oleh Penggemar Online
- SPORTBOOK
- TANGKAS
- LIVE CASINO
- TOGEL
- POKER DOMINO
- SLOT
Promo Yang Berlaku Di LIGA UTAMA
HOT PROMO :
- Bonus New Member 15%
- Bonus Deposit Harian Pertama 10% dan Ke Dua 5%
- Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
- Bonus Cashback Mingguan Di Slot Up to 15%
- Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
- Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
- Bonus Rollingan Casino 0.8%
- Bonus Rollingan Poker 0.2%
Discount 4D : 65% , 3D : 59% , 2D : 29%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%
Contact Us
Website : utamasbobet.com
WA : +6285217128589
Instagram : ligautamapluss
Line : ligautama88