Pages

Welcome.....

SELAMAT DATANG di blog ngocol politik. Tempat gue ngocol segala macam topik dari mulai masalah politik, berita terkini, opini publik, pengetahuan populer hingga humor. Blog ini 100% buah pikiran anak negeri, bebas dari afiliasi politik dan SARA. Semua orang boleh baca, syaratnya ga boleh sakit hati ha ha.! So, enjoy my blog!

Apr 26, 2014

Derita Hidup Seorang Koruptor

Anda hobi korupsi? Terbiasa dapet duit lewat jalan korupsi? Atau sedang berusaha mencari celah untuk bisa korupsi? Selamat, berarti anda sudah siap menelan buah simalakama. Maju Kena Mundur Kena. Hidup segan matipun tak mau.

Lho kok bisa gitu? Ya bisa lah. Soalnya korupsi itu kayak candu, sekali melakukan, pasti seumur hidup ketagihan. Ga bisa brenti. Bukan karena keasyikan, tapi karena begitu kita korupsi, kita terjebak dalam lingkaran setan pemerasan. Jadi mesin ATM seumur hidup.
Kesimpulan tersebut gue dapet dari cerita teman gue bernama Jono. Si Jono ini sebenarnya anak yang baik dan jujur. Semasa kuliah, dia jadi teladan bagi gue. Tetapi begitu masuk jadi PNS, tiga tahun kemudian dia jadi stres. Sering keluar masuk rumah sakit. Melihat kondisi teman gue tersebut, gue iseng-iseng tanya.
“Kenapa sih akhir-akhir ini lu jadi sakit-sakitan kayak gitu?” tanya gue.
“Gara-gara korupsi!” Jawab Jono sedih.
Gue tentu saja heran dengan jawaban tersebut “Lho kok bisa gitu? Bukannya korupsi itu enak, banyak duit dan bisa kawin lagi?”
“Enak semprulmu! Kalo enak gue ga akan stres begini!” Jawab Jono sewot.
“Wuah pasti lu bohong ya? Mau pura-pura miskin di depan gue ya! Bilang aja lu ga mau lagi ngasih utangan!”
“Sumpah! Korupsi tu ga enak. Cuma enak awalnya doang, setelah itu malah kita jadi stres dan banyak pikiran kayak dikejar-kejar maling!”
Jawaban ini tentu saja membuat gue kebingungan. Apa si Jono otaknya jadi miring gara-gara kebanyakan ngerjain proyek? Masa korupsi dibilang ga enak. Kalau ga enak, ga mungkin negeri ini penuh sesak oleh para koruptor. Menurut gue, koruptor itu kan profesi paling nikmat sedunia. Cukup ongkang-ongkang kaki di kantor, duit pada berdatangan sendiri. Jelas jauh lebih enak dibanding jadi tukang bangunan atau kuli pelabuhan yang tiap hari keluar keringat seember tapi hasilnya cuma cukup buat beli obat pegal linu doang.
Karena penasaran, gue desak tu si Jono buat nyeritain kasus korupsi yang dia alami. Si Jono cerita kalau dia baru saja dimutasi ke dinas pendidikan. Kebetulan dia dipercaya bosnya untuk ngerjain proyek pengadaan buku bahan bacaan untuk perpustakaan. Dasar si Jono semprul, dia iseng-iseng kongkalingkong sama pemborong tuk nilep keuntungan dari selisih harga pembelian. Harusnya tu duit proyek dibeliin buku baru, eh si Jono sableng ini malah nyuruh pemborongnya beli buku bekas di emperan. Jelas aja harganya jauh lebih murah.
“Berapa duit keuntungan yang lu dapet dari pemborong?” Tanya gue.
“Ah sedikit, kok!”
“Berapa?”
“Cuma tiga puluh juta!”
“BUSYET!!!” Teriak gue shock. “Lu bilang duit segitu sedikit?”
“Ya kalau di kantor gue sih korupsi segitu termasuk kecil-kecilan!” Jono nyengir.
Kontan gue jadi geleng-geleng kepala.
“Lu emang sompret!” Kata Gue “Enak banget lu ya. Coba lu jadi tukang becak. Butuh satu tahun lu baru bisa dapet duit segitu. Itupun setelah lu ngegenjot tiap hari sampe kaki lu gempor!”
“Ya awalnya sih emang enak. Tapi akibatnya yang bikin gue stres sampe penyakitan kayak gini!” Jawab Jono memelas.
Jono cerita bahwa setahun setelah proyek berjalan, ada keluhan dari masyarakat terkait kualitas buku baru yang tersedia diperpustakaan. Setelah diperiksa oleh tim dari Inspektorat ternyata buku yang dibeli banyak yang abal-abal alias buku bajakan, bukan asli dari penerbit. Selain itu banyak buku yang berada dalam kondisi rusak dan ga layak baca..
“Terus apa yang lu lakuin?” Tanya gue.
“Ya terpaksa gue sumpal tu mulut orang Inspektorat pake duit biar kasusnya ga dilanjutin!” Jawab Jono.
“Gila! Jadi selain korupsi lu juga terlibat suap-suapan?”
“Ya mau gimana lagi. Kalo ga gitu kasus gue bisa melayang ke kepolisian dan jadi tindak pidana!”
“Darimana lu dapet duit buat nyumpal mulut tu pemeriksa?”
“Ya dari duit hasil gue korupsi itu!”
“Berapa duit lu keluarin?”
“Lima juta!”
“Hmm...wajar lah kalo cuman segitu. Masih sisa 25 juta ya!” Kata gue nyengir.
“Pala lu peang! Duit 5 juta itu buat Inspektorat doang. Belum buat yang lainnya!”
“Yang lainnya gimana?” Tanya gue heran.
“Duit yang gue dapet dari pemborong kan sebesar 30 juta. Tapi itu kan bukan buat gue doang. Sebagiannya gue setorin ke atasan gue. Jadi sebenarnya duit yang gue bisa bawa pulang cuma 20 juta doang. Nah karena 5 juta gue pake buat nyogok Inspektorat, duit di tangan gue jadi cuma tersisa 15 juta!”
Gue tertawa geli “Rumit juga ya matematikanya. Tapi mendinglah lu masih untung 15 juta, setidaknya lu bisa beli motor baru tuh!”
“Ya emang enak kalo berhenti sampe situ. Sialnya kasus gue itu bocor ke wartawan dan LSM. Otomatis gue juga diperas sama mereka. Gue terpaksa nyogok mereka lagi tuk nyelametin diri!”
Ah dasar si Jono gendeng, pikir gue. “Berapa duit lu kasih ke mereka?”
“Kalau dihitung-hitung, buat nutup mulut semua wartawan dan LSM, ngabisin kira-kira 5 jutaan juga!”
“Wah duit lu makin sedikit dong!” Kata gue prihatin. “Tapi lumayan lah masih sisa 10 juta. Bisa buat beli laptop terbaru tuh!”
“Laptop nenek moyang lu!” Jono sewot. “Lepas dari inspektorat ternyata proyek gue jadi uji petik pemeriksaan BPK. Jadi sisa duit gue yang 10 juta ludes, melayang buat nyogok mereka!”
“Lho?” Gue jadi garuk-garuk kepala. “Jadi ngapain lu korupsi kalo akhirnya kembali ke nol?”
“Nah itulah masalahnya kenapa gue jadi stres!” Jawab Jono sedih. “Udah ketakutan setengah mati karena diperiksa dan ditekan, hasilnya nol besar, malah gue harus nombok buat urus ini itu. Sialnya lagi, udah duit gue ludes semua, ternyata kasus gue tetap aja berjalan. Tahun berikutnya ada masyarakat yang laporin gue ke kepolisian. Terang aja gue kelimpungan harus nyari duit lagi tuk nyogok!”
Emh...bener-bener sudah jatuh ketimpa tangga nih si Jono, pikir gue. Kayak orang yang benjut ketiban balok kayu trus terjerumus ke lubang sumur.
“Nah duit lu kan udah amblas semua tuh. Darimana lagi lu bisa dapetin duit buat nyogok polisi?” Tanya gue.
“Ya terpaksa korupsi lagi tahun berikutnya!”
“Kampret!” Teriak gue kaget setengah mati. “Apa gue ga salah denger tuh? Lha korupsi tahun sebelumnya aja jadi kasus gawat kayak gitu, masa tahun berikutnya harus korupsi lagi!”
Jono menunduk sedih. “Emang ga ada jalan lain. Kalau gue ga korupsi lagi, darimana gue bisa dapet duit buat nyogok? Masa gue harus jual rumah mertua? Daripada gue dicekik mertua, ya gue pilih korupsi lagi!”
“Jadi lu tahun ini korupsi lagi buat nutupin kasus korupsi lu tahun sebelumnya?”
“Ya begitulah kira-kira!”
“Aje gile!” Teriak gue. “Jadi kayak lingkaran setan dong. Nah kalo tahun ini kasus korupsi lu ketahuan lagi, berarti tahun depan lu harus korupsi lagi buat nutupin kasus tahun ini?
“Ya terpaksa. Daripada kasus gue masuk kejaksaan, duit yang harus gue sediain pasti jauh lebih gede!”
Nah, itulah kira-kira dialog gue dengan Saudara Jono, sang koruptor amatir. nasib dia emang mirip buah simalakama. Dari cerita itu gue jadi tahu bahwa ternyata jadi koruptor itu ga senikmat yang kita bayangin. Sekali kita terkena kasus, seumur hidup jadi objek pemerasan. Kalau istilah salah satu temen gue sih, koruptor itu emang kayak mesin ATM. Dipelorotin duitnya sama semua orang. Bukannya jadi kaya, malah jadi objek penindasan. Diperas, diperiksa, diplorotin polisi, diisep kejaksaan, digerogotin oknum LSM dan wartawan dan 1001 jalan pemerasan lainnya.
Korupsi itu ternyata bak jebakan pasir apung. Seperti masuk lingkaran setan, gampang masuknya susah keluarnya. Kebalikan dengan pengidap impoten, susah masuknya, gampang keluarnya. Pokoknya ga enak lah.
Apakah kasus si Jono ini juga terjadi dengan semua koruptor lainnya? Gue pikir sih iya. Era reformasi ini kan salah satunya ditandai dengan gencarnya pengawasan terhadap pelaksanaan proyek pembangunan. Ada seabrek lembaga yang memiliki kewenangan pengawasan, dari mulai Inspektorat, BPKP, BPK, kepolisian, kejaksaan sampai KPK. Belum lagi ditambah LSM, Ormas dan awak media yang juga turut gencar mengawasi. Jadi korupsi di jaman sekarang ga seenak dulu. Kalau mau selamat, harus berani nyogok sana nyogok sini. Sialnya lagi, meskipun kita udah nyogok gede-gedean, bukan berarti kasusnya selesai dan kita selamet seumur hidup. Kasusnya tetap ada dan bisa dibuka kembali kapan saja.
Hal ini gue dapet dari ngobrol iseng gue dengan teman yang jadi reserse di kepolisian. Dia bilang “Memang harus diakui banyak oknum penyidik baik dari Inspektorat, Kepolisian atau lembaga lain yang karena disogok akhirnya menghentikan penyidikan kasus. Tapi bukan berarti kasusnya ditutup. Yang dihentikan cuma penyidikannya aja, bukan kasusnya. Kasus tetap berjalan, cuma di peti es kan. Lain waktu kalau ada pergantian personil atau pergantian kepemimpinan kasus tersebut bisa di buka kembali!”
Nah kalau begitu berarti idup si Jono bukan hanya kecemplung sumur, tapi bakal kekubur idup-idup. Untuk nyogok kasus tahun lalu, dia korupsi tahun ini. Nah kalau tahun ini korupsinya ketahuan lagi, dia harus korupsi lagi tahun depan. Begitu seterusnya. Tiap tahun harus terus korupsi dan nyogok ga brenti-brenti. Badan selamat, tapi kasus makin numpuk. Pantes aja si Jono sampe stres dan bolak-balik masuk rumah sakit.
Pertanyaannya adalah, dengan adanya contoh kasus teman gue si Jono, kok koruptor tetap marak? Jawabannya karena ga semua orang punya pikiran panjang. Begitu lihat duit langsung tergoda tanpa mikirin akibatnya. Yang penting cepat kaya, cepat gendut. Masalah di hari kemudian masa bodoh. Kalau gue kasih tahu kasus si Jono ini sama koruptor yang lain, pasti mereka bilang “Ya itu kan kasus si Jono, teman kamu. Salah sendiri kenapa korupsinya ketahuan! Coba kalo hati-hati, pasti udah makmur tuh!”
Bener-bener jawaban sableng. Soalnya sehati-hati apapun, korupsi itu bagaikan nyimpan ikan busuk. Suatu saat pasti ketahuan juga. Jangan dikira karena hari ini kasusnya ga ketahuan terus berharap aman tentram seumur hidup. Banyak kejadian seorang pejabat berhasil selamat dari suatu kasus. Tapi begitu ada pergantian kapolres, kapolda, kajari, kasusnya dibuka lagi. Diapun terpaksa harus kembali nyogok sana-sini, terpaksa kembali korupsi.
Kita memang bisa selamat dari suatu kasus dengan cara nyogok oknum aparat. Masalahnya adalah berapa lama kita bisa terus-menerus nyogok tiap tahun? Apa kita akan selalu punya uang tuk nutupin kasus? Gimana kalau tiba-tiba kita dimutasi ke tempat kering sehingga tidak bisa korupsi lagi? Ya sudah pasti kasus akan dibuka kembali dan kitapun diseret masuk penjara.
Koruptor yang masuk penjara biasanya disebabkan dua hal. Pertama karena aparat penyidiknya ga bisa disogok (misal KPK). Kedua karena si koruptor udah ga punya lagi duit lagi buat nyogok. Makanya banyak kejadian para pejabat korup yang selamet sampe dari kasus selama bertahun-tahun, tapi begitu dia dimutasi atau pensiun, dimana dia udah ga bisa korupsi lagi, dia langsung digiring ke jeruji besi.
Yang enak tu ya para oknum pemeriksa seperti Inspektorat, BPK, aparat kepolisian, kejaksaan dll. Merekalah yang pada akhirnya menampung semua duit hasil korupsi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa bagi para oknum aparat, punya berkas pidana korupsi itu layaknya punya sapi perah yang bisa diambil susunya kapan saja dia mau. Kasus-kasus masa lalu yang ‘didiamkan’ bisa iseng di buka kembali kapan saja. Contohnya ketika menghadapi lebaran atau tahun baru. Tujuannya ya buat dapet duit sogokan tambahan dari para pejabat yang terlibat kasus tersebut. Jadi wajar kalau tiap menghadapi lebaran dan tahun baru, banyak pejabat yang pada stres, ngilang dari kantor dan akhirnya masuk rumah sakit.
Nah dari uraian gue tersebut, gue menghimbau buat mereka yang tertarik tuk coba-coba korupsi, mending mikir lagi deh. Korupsi itu emang enak saat melakukannya, tapi bikin puyeng akibatnya. Duit korupsi itu kayak PSK seksi di tempat lokalisasi. Membuat kita bernapsu untuk mengganyangnya, tapi setelah puas digarap justru bikin kita kena penyakit kelamin. Masih tertarik untuk korupsi? Berarti harus siap menanggung stres seumur hidup. Hidup di dunia ga bahagia, di hari tua masuk penjara, setelah mati dijamin masuk neraka. Naudzubillah!!!
ASalamNGJCJL!

No comments:

Post a Comment