Pages

Welcome.....

SELAMAT DATANG di blog ngocol politik. Tempat gue ngocol segala macam topik dari mulai masalah politik, berita terkini, opini publik, pengetahuan populer hingga humor. Blog ini 100% buah pikiran anak negeri, bebas dari afiliasi politik dan SARA. Semua orang boleh baca, syaratnya ga boleh sakit hati ha ha.! So, enjoy my blog!

Apr 13, 2014

Resep Turun Berat Badan Paling Tokcer

Kalau lagi iseng-iseng surfing di internet, gue selalu terkesan dengan banyaknya iklan obat pelangsing. Dengan janji-janji muluk mereka menawarkan produknya disana sisi. Ada yang janjiin bisa turun berat badan 10 kg dalam tiga minggu, ada juga yang ngibul bisa bikin langsing kayak artis hanya dalam waktu kurang dari 3 bulan, lengkap dengan gambar foto model yang seksi sebagai penarik. Obat yang ditawarkan pun beragam. Dari mulai obat paten, ramuan asal negeri China sampe obat herbal ala tradisional. Tidak hanya obat, ada juga beragam alat pelangsing yang ditawarkan. Ada sabuk getar, stoking ketat sampai celana dalam isi batu-batuan yang katanya bisa bikin lemak pada berjatuhan kayak duren monthong jatuh dari pohon. Bahkan ada yang nawarin disetrum pake listrik. Busyet..sekalian aja dibakar kayak kambing guling dijamin lemak langsung mencair.

Obat turun berat badan saat ini punya pangsa pasar yang luar biasa. Menurut data survei suatu lembaga kesehatan, orang Indonesia emang cenderung makin gemuk dari tahun ke tahun. Apalagi yang berprofesi jadi pejabat atau koruptor, wuih..makin gemuk aja kayak babi kembung.
Obat penurun berat badan memang bisa jadi solusi untuk berpenampilan lebih menarik. Tapi hati-hati lho, banyak terjadi penipuan terkait obat-obatan macam ini. Yah, namanya juga bisnis, banyak orang yang manfaatin untuk ngeruk keuntungan dengan jalan pintas. Obat kan mudah dimanipulasi. Pembuatannya pun gampang. Kita tumbuk aja kunyit campur terigu, keringin pake oven terus cetak pake cetakan obat, beres deh. Tinggal promosiin tu obat sebagai obat penurun berat badan paling tokcer sedunia. Gampang kan. Kalo ada ibu-ibu pelanggan yang protes udah enam bulan ngonsumsi obat kita tapi badannya malah makin melar, kita tinggal bilang “Salah ibu sendiri pola makannya ga diatur!” atau “Mungkin dosis obatnya kurang. Gimana kalau ditambah dosisnya jadi seratus butir sekali makan?” Naah, gampang khan. Semakin obat itu ga berkhasiat, semakin kita untung karena si pelanggan harus nambah dosis yang berarti kocek kita makin tebal.
Kegemukan memang sering jadi masalah, terutama untuk kaum perempuan. Soalnya perempuan kan memuja kecantikan. Jadi biarpun cantik, tapi kalau badannya gemuk, itu dianggap kurang memiliki daya tarik. Bagi kaum hawa, penyakit obesitas atau kegemukan dianggap lebih berbahaya dari penyakit kecantikan yang lain semacam jerawat, bisul, panu, kadas, kurap dan gatal jamur.
Sebenarnya jadi orang yang berbadan gemuk tuh ga selalu negatif. Banyak kok sisi positif dari orang gemuk. Kalau ga percaya, berikut ini gue uraikan kelebihan dan kekurangan dari orang berbadan tambun:
Kelebihan Orang Gemuk:
-    Selalu disangka orang kaya, meskipun kantong cekak
-    Pake baju kayak apapun, tetap disangka istri pejabat atau pengusaha;
-    Saat jalan-jalan, ga akan disangka pemulung, gembel atau tukang ngutil jemuran;
-    Kalau bepergian ke mal atau pusat perbelanjaan, selalu jadi incaran para penggemar (terutama sales obat dan peralatan kecantikan);
-    Selalu banyak pahala karena penampilan kita membuat orang jadi senang dan pada bersyukur karena dirinya masih lebih langsingan dibanding kita;
-    Favorit para dokter dan ahli kesehatan karena kita dianggap sumber penghasilan mereka. Orang gemuk kan selalu identik dengan kesehatan yang buruk, jadi dengan berbadan gemuk para dokter bisa jadi lebih kaya;
-    Selalu dapat tambahan bonus saat beli baju. Harga pakaian di toko atau mal kan sama saja untuk semua ukuran, Mau ukuran S, M, L, XL atau XXXXXL, harganya tetap sama. Jadi dengan harga yang sama, kita bisa dapet baju yang lebih besar.
Kekurangan Orang Gemuk:
-    Kalau naik bis kota atau angkutan umum, bikin stres kondektur karena porsi duduknya dua orang tapi bayarnya satu;
-    Saat Bulan Ramadhan, ga ada yang percaya kalau kita lagi puasa. Para tetangga kalau lihat kita langsung berpikir “Pasti tu orang ga puasa, wong badannya tetap gemuk kok!”;
-    Ga mungkin punya rumah didalem gang senggol. Soalnya begitu masuk kita malah mampet disitu. Orang-orang jadi ga bisa lewat hingga bikin Pak RT pusing tujuh keliling;
-    Kalau naik mobil atau motor pribadi, suami pasti sering marah-marah karena harus sering keluar masuk tambal ban akibat kendaraan yang kelebihan beban;
-    Kalau masuk pasar, tiba-tiba kuli pada ngerubutin kita karena disangka karung beras;
-    Tempat tidur dan sofa ga awet umur. Kalau ga patah kakinya, tentu roboh sehingga harus sering keluar duit untuk service;
-    Kalau suami atau istri kita berbadan kurus, kita sering dituduh egois. Orang-orang pada berkata “Huh makanan kok dihabisin sendiri sementara pasangannya dibiarkan kelaparan!”
Nah itulah sebagian dari kekurangan dan kelebihan orang berbadan besar. Emang sih lebih banyak kekurangannya, tapi juga ada kelebihannya kan? Minimal kelebihan kiloan ha ha...
Diluar kekurangan dan kelebihannya, masalah kegemukan emang sering menghantui. Gue juga turut merasakan hal itu. Apalagi gue emang sejak lahir udah gemuk, ampe nyokap gue aja setengah mati ngeluarin gue dari perutnya. Pada awalnya gue emang kurang gitu memperhatikan masalah berat badan. Mau berat gue 1 kg atau 100 kg, ga jadi masalah. Sebagai orang gemuk, gue merasa ga ada perbedaan dengan orang kurus. Yang beda cuma  masalah ukuran baju doang.
Yang gue sebal justru sama orang-orang disekeliling gue. Selalu aja berkomentar tentang badan gue yang tambun. Temen-temen gue juga sering iseng berkomentar yang ga perlu.
“Olahraga dong biar agak langsing!”,
“Apa ga berat tuh punya badan segede gajah bunting?”,
“Orang gemuk tuh mudah kena penyakit lho!”
Kalau udah gitu gue langsung teriak “EMANG MASALAH BUAT LO?”
Badan-badan gue. Mau gemuk mau kurus kan terserah gue. Lagian bukan mereka yang ngasih makan. Emangnya kalo gue bisa jadi kurus trus mereka dapet apa? Dapet duit? Kagak kan! Lagian daripada masalahin kegemukan gue, kenapa mereka ga masalahin diri mereka sendiri. Mereka kan juga pasti punya kekurangan di anggota badan masing-masing. Misal punya bisul di pantat yang ga sembuh-sembuh, punya korengan menahun, punya ketek bau atau  tumbuh bulu aneh di bagian badan yang tidak seharusnya. Semua orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Meskipun begitu, karena demikian gencarnya kritikan dari teman-teman gue, maka gue pun terpaksa berupaya nurunin berat badan. Alhamdulillah, sekarang berat badan gue sudah mulai turun cukup signifikan. Caranya ternyata gampang aja. Kalau mau turun berat badan seperti gue, coba ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1.    Perkuat Niat Anda
Langkah pertama sebelum memulai kegiatan pengurusan badan adalah harus kuat niatnya dulu. Niatnya mau apa? Kalau niatnya mau kawin lagi, ya lebih baik ga usah jadi kurus. Tapi kalau niatnya bisa lebih sehat, ya patut dicoba.

2.    Seimbangkan Pola Makan dengan Aktivitas
Agar tubuh jadi kurus, kita sebenarnya ga usah mengubah jumlah porsi makanan. Kalau biasa makan nasi sebakul sehari, ya teruskan aja. Biasa makan paha ayam se keranjang juga ga masalah. Yang harus kita ubah bukan banyaknya makanan yang kita makan, tapi aktivitaslah yang harus kita ubah agar seimbang dengan jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Contoh makan nasi sebakul ga apa-apa kalau setelah itu kita nyangkul sawah 10 Ha. Makan paha ayam sekeranjang boleh-boleh saja asalkan setelah itu kita ngangkutin batu sepuluh truk. Kalau ga mau nyangkul atau ngangkut batu, ya kurangi porsi makan. Kalau ga mau ngurangi porsi makan ya perbanyak aktivitas kerja. Gampang toh?
3.    Ganti jenis cemilan
Salah satu penyebab badan mudah melar adalah cemilan. Kita kan sering iseng ngemil biskuit, cokelat atau keripik asin, nah benda-benda kayak gitu yang bikin gemuk. Coba deh ganti semua cemilan dengan kerupuk. Gue biasa beli kerupuk segambreng khusus buat ngemil. Pilihlah jenis krupuk putih yang banyak dijual di warung-warung. Sekarung krupuk kayak gitu, kalorinya paling sebanding dengan sepiring nasi. Jadi, selamat makan krupuk. Hati-hati jangan terlalu banyak karena badan bisa terbang kena angin!
4.    Pilih Olahraga yang Disukai
Olahraga terbukti bisa menurunkan berat badan. Tapi tidak semua olahraga kita senangi kan? Untuk itu pilih olahraga yang emang jadi kegemaran kita. Cari jenis olahraga yang bisa bikin keringat keluar. Soalnya ketika disaranin milih olahraga sama dokter, gue pilih olahraga catur. Eh bukannya kurus, gue malah makin gemuk karena maen caturnya sambil ngemil singkong rebus.
Menurut gue, salah satu olahraga yang paling efektif nurunin berat badan adalah jalan kaki. Tapi jalan kakinya dibawah terik matahari jam 1 siang. Caranya begini. Pas siang-siang, disaat matahari sedang panas-panasnya, kita buntal seluruh badan dengan pakaian tertutup dari ujung kaki sampai ujung kelapa eh kepala. Pilih bahan kedap udara, misalnya bahan dari plastik. Jangan pake bahan dari daun nanti dikira lontong. Gue sih biasanya pake jas ujan warna item biar nyerap panas matahari. Gue kerudungin nutupin kepala, trus gue jalan-jalan. Lumayan dalam setengah jam gue ngasilin keringat 5 liter. Badan jadi seger. Tapi kalo yang punya anemia, jangan deh takut tar pingsan kena panas.
Olahraga yang lain yang bisa dipilih adalah renang. Selain membuat cepat turun berat badan, renang juga merupakan olahraga paling aman dari cedera. Tapi renangnya harus beneran, jangan cuma cibang-cibung doang. Kalau perlu renangnya di kali dengan cara menentang arus. Dijamin cepat kurus. Tapi jangan di kali Ciliwung ya, tar bukannya kurus, badan malah pada korengan.  
5.   Pindah tempat nongkrong
Tips terakhir dari gue adalah mengurangi napsu makan dengan mengganti tempat nongkrong. Coba cari tahu di tempat mana saja biasanya kita suka nongkrong sambil makan atau ngemil. Kalau kita biasa nongkrong di warung bakso, cobalah ganti nongkrong di pos ronda. Insya Allah napsu makan kita berkurang karena ga ada yang bisa dimakan. Kalau kita biasa ngemil sambil nonton TV, cobalah ngemil sambil nonton tempat sampah. Dijamin napsu makan langsung lenyap seketika.  
6.   Makan benda keras
Emang dengan makan benda keras kita bisa langsing? Tentu saja. Kalau ga percaya, cobalah makan benda keras seperti batu kerikil, panci alumunium atau piring seng (tiang listrik juga boleh). Gigit sekeras-kerasnya sampai gigi terasa sakit. Nah kalau gigi udah sakit kan kita ga bisa makan tuh. Lumayan bikin langsing.
Itulah enam cara yang bisa kita lakukan tuk ngurangi berat badan. Ga usah semuanya dipraktekan. Pilih aja yang disukai. Gue sendiri cuma ngelakuin tips 1, 2 dan 4 dan hasilnya luar biasa. Dalam 6 minggu, berat badan gue turun lebih dari 10 kg. Sedihnya, saking gemuknya, udah turun 1/10 kwintal, tetap aja ga ada yang sadar kalau berat badan gue udah berkurang drastis.

Nah, selamat mencoba. Kalau dengan tips gue badan jadi langsing, ya syukur. Kalo udah dipraktekin abis-abisan badan tetap ga kurus juga, ya berarti nasib. Namanya juga situs ngocol, bisa benar bisa tidak. Setidaknya dengan baca tips ini kita bisa sedikit ketawa dan ngurangin stres akibat kegemukan.*** 
ASalam NGJCJL!!!!

No comments:

Post a Comment