Pages

Welcome.....

SELAMAT DATANG di blog ngocol politik. Tempat gue ngocol segala macam topik dari mulai masalah politik, berita terkini, opini publik, pengetahuan populer hingga humor. Blog ini 100% buah pikiran anak negeri, bebas dari afiliasi politik dan SARA. Semua orang boleh baca, syaratnya ga boleh sakit hati ha ha.! So, enjoy my blog!

Apr 13, 2014

PERSIB, TIM U-19 dan Piala Dunia

Gue pertama kali kenal yang namanya sepak bola waktu gue kecil ketika nonton pertandingan antar kampung saat 17an. Waktu itu gue heran kok ada permainan aneh bin kocak dimana 22 orang berbadan tambun rebutan ngejar-ngejar satu buah bola. Menurut otak gue yang masih kecil, waktu itu gue pikir para pemain bola itu bener-bener udah pada sableng. Udah keringetan ngejar bola, ngos-ngosan sampe semaput, begitu bolanya didapet, eh tu bola malah dioper lagi ke orang lain. Setelah dioper lagi ke orang lain, bukannya brenti, malah tu bola dikejar lagi. Padahal daripada  bolanya dikejar mati-matian yang pada akhirnya dikasih lagi ke orang lain, kan lebih baik bolanya dibawa pulang ke rumah atau dilego ke tukang loak.

Sejak pertandingan antar kampung itulah gue mulai gemar main sepakbola. Ternyata sepakbola memang permainan paling mengasyikan sedunia. Setiap pulang sekolah gue asyik bermain bola bareng temen-temen gue di lapangan pinggir sawah. Karena waktu itu badan gue termasuk gede, gue selalu kebagian jadi bek. Gue senang kebagian jadi pemain bertahan karena menurut gue jadi bek itu posisi yang paling menguntungkan. Pertama gue ga usah terlalu banyak lari, cukup berdiri kokoh sambil pura-pura puntir-puntir kumis kayak Bimasena. Kalo ada pemain depan lawan yang bawa bola, apalagi kalau badannya kecil, gue langsung dekatin dia dengan wajah sangar sambil menggeram hingga dia ketakutan setengah mati.  Bola pun bisa gue rebut dengan mudah. Malah pernah saking takutnya ada penyerang lawan yang begitu gue dekati, dia langsung lari terbirit-barit nyari emaknya sambil nangis.
Hal kedua yang menguntungkan jadi pemain belakang adalah gue ga akan disalahin meskipun kalah. Kalo tim bola kalah biasanya yang disalahin kan kiper sama striker, bek sih kagak pernah ada yang nyalahin. Lagian siapa yang berani nyalahin gue, wong badan gue paling gede di sekolah. Kalo ada yang berani nyalahin, gue himpit aja tu anak pake badan gue sambil teriak “Smack Down!” Dijamin langsung klenger.
Alasan ketiga kenapa gue ngambil posisi bek adalah karena lebih banyak nganggurnya daripada mainnya. Apalagi teman-teman gue yang jadi pemain tengah pada jago semua. Jadi sepanjang pertandingan gue paling dapetin bola satu dua kali aja. Sisanya cuma nongkrong sambil pasang aksi. Saking santainya jadi bek, kadang di tengah pertandingan seru gue masih sempet jajan cendol. Udah abis cendol dua mangkok dan belum ada bola yang mampir ke belakang. Kalaupun ada bola liar yang lolos nyelonong ke posisi gue, gue tinggal lari ke lapangan trus gue tendang tu bola sekuat tenaga hingga nyungsep ke tengah sawah. Semua orang sibuk nyari bola di antara gerombolan padi dan gue pun bisa nerusin makan cendol gue ampe habis.
Saat gue masuk SMP kelas satu, gue nyoba ngambil posisi penyerang. Ternyata enak juga. Malah gue ga perlu jantungan karena ga usah mikirin pertahanan. Gue cukup nongkrong di depan sambil nungguin operan dari belakang. Waktu kecil kita memang belon tahu yang namanya aturan offside, jadi gue ga perlu lari ke belakang menjemput bola. Gue cukup nongkrong aja di pinggir gawang lawan sambil melototin kipernya. Kalau ada operan, baru tu bola gue tendang sekuatnya ke arah muka si kiper. Mau masuk apa tidak, masa bodoh. Yang penting tendang aja ke depan, beres.
Saking keseringannya jadi striker, gue jadinya lebih akrab sama kiper musuh dibanding temen gue sendiri. Ketika temen-temen gue setengah mati menahan bola yang mengarah ke gawang tim gue, gue malah asyik jongkok di depan sambil ngobrol sama kiper lawan. Kadang gue tipu si kiper dengan teriak “Eh ada layangan putus, tuh!” Nah otomatis tu kiper langsung ngejar layangan sehingga begitu datang operan dari belakang, gue bisa masukin bola dengan santai.
Sejak dulu, gue lebih hobi main sepakbola ketimbang jadi penonton atau pemerhati pertandingan. Akibatnya dari kecil sampai gue bangkotan, pengetahuan gue tentang persepakbolaan minim banget. Diantara ribuan klub sepakbola yang ada di dunia, yang gue tahu cuma Persib doang. Itu juga karena gue berasal dari Jawa Barat dan Persib emang tim idola semua orang di kampung gue. Jadi gue kebawa ikut-ikutan suka. Kalau ada acara siaran langsung di televisi, gue ikut-ikutan teriak (meski gue ga tahu apa yang gue teriakin).
Dulu di era sebelum tahun 94, Indonesia memiliki dua dua jenis kompetisi sepakbola yaitu Liga Perserikatan dan Galatam. Jaman itu, gue cukup intens memperhatikan perkembangan olahraga sepakbola, terutama kompetisi perserikatan. Soalnya aturan perserikatan ga seribet sekarang. Tim yang kita dukung berasal dari daerah sendiri. Pemainnya ga ada impor, 100% pemain lokal. Jadi kita gampang ngapalinnya karena tampang maupun namanya udah familiar. Timnya jelas dan pemainnya juga gampang dihapal. Kalau nama depannya Asep, sudah pasti itu pemain Persib. Ga kayak sekarang. Namanya Asep tapi maennya di Persebaya. Sebaliknya yang namanya Joko, malah maen di Persib. Bener-bener bikin kepala puyeng. Apalagi setelah ada kebijakan masuknya pemain asing. Otak gue makin mumet aja.
Kompetisi liga perserikatan merupakan kompetisi paling seru karena tiap kota punya tim kesayangan masing-masing. Kalau sudah masuk pertandingan final antar wilayah, wuih hebohnya bukan main. Apalagi kalau Persib ketemu di final dengan musuh bebuyutannya, PSMS Medan, wah hebohnya minta ampun. Adik, kakak, nyokap, bokap, paman, bibi, engkong, engking, kakek, nenek, semua berebutan nongkrong di depan TV. Gue juga pasti menyempatkan diri ditengah-tengah kesibukan gue (sejak bayi emang gue udah jadi orang sibuk) tuk nonton pertandingan. Gue sih ga terlalu hapal siapa saja pemain-pemain Persib. Pokoknya yang bajunya biru, itu yang gue dukung. Masalah apakah itu tim Persib atau bukan, masa bodoh. Penah gue ikut-ikutan rombongan berbaju biru yang ramai-ramai lewat depan rumah gue menuju stadion. Gue ikutin mereka sambil pake baju bola. Gue pikir itu rombongan suporter persib, eh ga taunya rombongan pendukung partai yang mau kampanye. Sompret!
Menurut gue sepakbola baru asyik kalau kita merasa punya ikatan terhadap tim yang kita dukung. Gue baru tertarik nonton sepakbola kalau tim yang main masih ada hubungan sama gue. Misalnya tim dari daerah asal atau tim yang pemainnya gue kenal secara pribadi. Makanya gue ga terlalu hobi nonton bola antar klub. Soalnya rasa memilikinya kurang. Apalagi pertandingan antar klub luar negeri. Gue merasa ga punya ikatan sama sekali sama mereka. Buat apa ngebelain MU, Chelsea, Arsenal, Bayern Munchen, AC Milan, Barcelona atau Real Madrid yang ga ada hubungannya sama gue. Apalagi tayangannya kebanyakan di malam hari. Kalau gue paksain nonton, kantong gue jadi cekak. Soalnya kalau begadang, gue setidaknya harus nyiapin sebutir telor dan dua bungkus indomie. Kalau tiap malam ada pertandingan, kantong gue bisa jebol.
Meski begitu, ga berarti gue anti sama kompetisi sepakbola luar negeri kayak Bundesliga Jerman atau Liga Premier Inggris. Soalnya kalo lagi senggang kadang-kadang gue nonton juga. Apalagi selama sepuluh tahun terakhir ini gue aktif sebagai sponsor untuk penanyangan liga eropa di Indonesia. Lho kok bisa? Ya bisa lah. Soalnya gue perokok. Penayangan liga-liga luar negeri di televisi kan bisa tayang karena didukung sama perusahaan rokok. Jadi wajar kalo gue mengklaim diri sebagai sponsor. Makanya kalau ada teman gue lagi ributin liga Inggris atau Liga Jerman, gue selalu berkoar “setiap batang rokok yang gue isep, berarti gue memperpanjang penayangan liga yang kalian tonton selama satu detik!” Tapi meski begitu gue ga bangga sebagai perokok karena udah setahun ini gua lagi mati-matian tuk brenti.
Meski bukan pecinta bola sejati, tapi masih ada even sepakbola luar negeri yang bisa menggusur gue dari tidur yaitu yaitu Piala Eropa dan Piala Dunia. Kalau sudah ada even bola tersebut, gue pasti nyempetin nonton semua pertandingan. Gue bener-bener tergila-gila dengan due even sepakbola paling akbar di dunia tersebut. Soalnya bener-bener memperlihatkan kemampuan tim antar negara. Biasanya saat menjelang Piala Eropa atau Piala Dunia, jauh-jauh hari udah nyiapin satu kardus indomie  dan lupa tiga lusin kopi instan, jaga-jaga agar gue ga terkapar ditengah pertandingan.
Selama tiga periode Piala Dunia terakhir, gue selalu mendukung tim Jerman. Kenapa? Gue juga ga ngerti. Mungkin karena ga ada pilihan lain. Mau pilih Italia, takut disangka homo. Pilih Brazil ga seru karena selalu menang. Pilih Belanda ga mau karena dulu seenaknya menjajah negeri gue. Pilih Inggris ga mau juga prestasinya akhir-akhir ini terus melorot. Jadi pilihan gue jatuh pada Der Panzer. Gue suka tim ini karena selalu tampil ciamik, didominasi pemain muda dan permainannya ga pernah bikin gue bosen. Tiap main selalu deg-degan karena kemungkinan kalah-menang selalu 50:50.
Tahun ini adalah tahun istimewa bagi gue karena gue kembali akan menyaksikan even bola paling akbar di seluruh jagat yaitu Piala Dunia 2014. Sayangnya, karena diselenggarakan di Brazil, tayangan pertandingannya sebagian di siang hari. Kalau benar, bisa jadi buah simalakama karena waktunya bentrok dengan jam kerja. Gue ga mungkin bisa nonton siaran langsung, kecuali gue bisa bolos kerja. Tapi kayaknya ga mungkin. Bisa-bisa gue dicekik bos gue dikantor kalo mangkir kerja sebulan penuh. Hanya ada dua cara untuk bisa nonton tanpa mengganggu jadwal kerja. Pertama nonton diam-diam via internet (itupun kalo internetnya ga lemot) dan yang kedua, beli TV kecil, diselipin di balik meja kemudian nonton diam-diam sambil ngemil kacang rebus. Tapi keduanya kayaknya ga mungkin hiks..
Ngomong-ngomong masalah Piala Dunia, kapan sih Indonesia bisa turut meramaikan even tersebut? Tampaknya masih lama. Jangankan even dunia, di even tingkat Asia tenggara aja Indonesia udah kelimpungan. Dari tahun ke tahun prestasi terus merosot (kecuali untuk tim U-19 yang prestasinya terus berkibar). Mungkin salah satu penyebab Indonesia selalu kedodoran dalam pertandingan antar negara karena semangat para pemain sepakbola kita itu pada memble semua. Letoy. Semangat para pemain masih kalah garang sama suporternya. Suporter Indonesia kan terkenal ngotot dan ga mau kalah. Petantang-petenteng pake baju tim kesayangan. Rambut diacak-acak. Wajah dicat kayak suku indian. Bawa-bawa bendera dan teriak-teriak sepanjang pertandingan. Saking ngototnya, lebih baik tawuran daripada pulang ga bawa kemenangan.
Sedikit bangga juga karena sepakbola kita, meski diacak-acak PSSI, tetap didukung para suporter setia. Indonesia, seburuk apapun prestasinya, jelas ga pernah kekurangan penggemar. Meski pengelolaan liga sepakbola kita sering acak adut, penggemar dan simpatisan bola tetap bertahan. Tiap pertandingan selalu dipenuhi penonton. Masalahnya tinggal bagaimana PSSI, selaku manajemen tertinggi persepakbolaan nasional, bisa mengelola manajemen dengan profesional. Jangan malah gontok-gontokan antar pengurus yang bikin liga sepakbola kita makin ga karuan.
Selain masalah manajemen, liga negeri kita juga kekurangan stadion. Kalaupun ada, stadion sepakbola di Indonesia rata-rata pada bobrok dan sangat tidak nyaman. Gue pernah satu kali nonton pertandingan langsung di stadion Persib (stadion lama). Karena gue ga punya duit, gue dapet tempat duduk tepat disamping gawang tim lawan. Buset dah, kondisinya bener-bener menyedihkan. Lebih mirip penjara dibanding sarana nonton. Mata terhalang pagar besi setinggi dua meter. Di depan gue ada polisi jalan bolak-balik sambil bawa anjing segede kebo. Sepanjang pertandingan, Yang jengkelnya lagi, sejumlah suporter bukannya nonton pertandingan, eh malah asyik nyorakin tu polisi. Gue pikir, ni orang mau nonton sepakbola apa nonton polisi sih? Kalau mau nonton polisi mending dateng aja ke Polsek. Disana lebih banyak tontonan dari mulai polisi kerempeng, polisi gendut, polwan cantik, polwan jelek, lengkap dengan tukang copet dan maling ayam.
Yang gue heran, kenapa sih stadion sepakbola pake pagar pengaman setinggi itu? Gara-gara pagar pengaman, view gue jadi terhalang banget. Meski mata dipelototin sampe ampir lepas, pertandingan ga bisa dilihat. Akhirnya sepanjang pertandingan gue cuma teriak sana teriak sini ngikutin suporter lain sambil ga tahu apa yang gue teriakin. Pokoknya yang penting ramai. Tahu-tahu terdengar gemuruh suporter sambil teriak “Goool....!!”. Gue langsung celingukan. MANA GOLnya? Teriak gue panik. Dari tadi gue pelototin, tahu-tahu sudah gol. Jangankan tahu siapa pemain yang barusan mencetak gol, lha tim mana yang kemasukan gol aja gue ga tahu. Selesai pertandingan seorang suporter di sebelah gue nanya “Tadi tim mana yang menang ya? Skornya berapa?” Bener-bener sableng. Jadi buat apa gue dan si bapak itu pergi ke stadion kalo skornya aja ga tahu.
Dari pengalaman gue tersebut jelas dapat disimpulkan bahwa liga bola Indonesia benar-benar harus dibenahi. Hal pertama yang harus kita benahi dari persepakbolaan nasional adalah pembinaan. Harusnya kita punya sistem pembinaan untuk menyalurkan bakat-bakat pemain muda. PSSI harus punya liga berjenjang dari mulai liga anak-anak, liga remaja hingga liga profesional. Ajang ini kemudian dimanfaatkan untuk merekrut anak-anak dan pemain muda berbakat untuk dibina dan dipersiapkan sejak dini. Mereka harus diberi jenjang pembinaan terstruktur dengan sistem perekrutan yang benar-benar profesional, ga pake suap dan sogok. Jangan cuma mengandalkan sistem pembinaan klub saja, tapi harus memiliki wadah pembinaan nasional. Semacam pelatnas tapi khusus untuk anak-anak berbakat sebagai calon-calon pemain profesional masa depan. 
Hal yang kedua yang harus dibenahi adalah penetapan jenjang karir pemain. PSSI harus berani menjamin bahwa setiap pemain muda memiliki jenjang karir yang pasti. Jaminan masa depan dan kepastian jenjang karir sangat penting bagi pemain sepakbola agar mereka bisa tetap menunjukan prestasi cemerlang di masa yang akan datang. Contohnya para pemain Tim U-19 yang baru-baru ini menunjukan prestasi luar biasa. Mereka harus mendapat jaminan baik dari sisi karir maupun income. Jangan sampai setelah mereka masuk tim profesional, nasib mereka terkatung-katung seperti para seniornya.Bahkan hingga akhir hayat, mereka harus tetap diberi jaminan dan peluang untuk mengabdi di dunia sepakbola. Para pemain juga harus diberi kesempatan yang sama untuk menjadi anggota tim inti melalui pemilihan yang adil berdasarkan uji prestasi dan kemampuan, bukan berdasarkan suap, sogok dan KKN. Jangan sampai pemain yang berprestasi gagal masuk tim inti gara-gara ga punya duit buat nyogok tim seleksi.
Hal ketiga yang menjadi tugas rumah bagi PSSI adalah manajemen liga. Liga sepakbola Indonesia harus dibuat sedemikian rupa menjadi liga pro. Jadwal pertandingan juga harus diatur seprofesional mungkin.Mafia wasit harus diberantas. Wasit yang bertindak tidak adil langsung aja diplorotin celananya trus suruh lari keliling stadion sebagai hukuman.  Kalo perlu, serahkan saja tu wasit goblok ke ke suporter tim yang kalah biar digebukin sampe kapok. Selain masalah jadwal dan perwasitan, sarana prasarana stadion juga harus dibenahi dan manajemennya diurus dengan benar.
Hal terakhir adalah bagaimana PSSI menjadikan pertandingan sepakbola kita menjadi aman dan nyaman. Selama ini kan suporter liga sepakbola kita kebanyakan kalangan menengah bawah. Kalangan atas mana mau nonton live di lapangan karena takut kena gebuk. Oleh sebab itu, PSSI harus kerjasama dengan pihak kepolisian. Kumpulkan seribu polisi berbadan kekar dengan kumis segede singkong rebus. Jaga tuh stadion biar ga ada tawuran antar suporter atau gontok-gontokan antar pemain. Pemain yang suka berkelahi mendingan dipecat saja. Suporter yang memulai tawuran langsung ditembak ditempat atau disemprot air tinja biar kapok.
Gue pernah nonton film dokumenter tentang sepakbola di sebuah stasiun televisi berbayar. Film tersebut menceritakan bagaimana kehidupan sebuah kota di Inggris menjelang pertandingan sepakbola. Di kota tersebut, masyarakatnya menjadikan acara nonton sepakbola di stadion sebagai acara rutin mingguan. Acara sepakbola benar-benar menjadi hiburan yang menyenangkan bagi seluruh warga. Saat ada pertandingan, biasanya menjelang week end, masyarakat berbondong-bondong membeli tiket. Berbaris rapi masuk stadion dan menempati tempat duduk yang nyaman. Bahkan ada sejumlah warga yang sudah memiliki tempat duduk tetap alias langganan. Saat pertandingan, mereka juga sama dengan di kita, teriak-teriak, ngomong kasar bahkan ikut mencaci-maki tim lawan. Tapi setelah pertandingan berakhir, mereka kembali tertib. Mau tim mereka kalah atau menang, mereka ga peduli, sebab itu semua bagi mereka sekedar hiburan. Bukan ajang adu gengsi dan adu otot.
Bagi masyarakat di kota tersebut, acara nonton sepakbola sudah dianggap hiburan rutin yang menyenangkan, sama seperti halnya nonton bioskop. Tidak ada keributan, tidak ada perselisihan apalagi gontok-gontokan. Tidak hanya pendukung tim tuan rumah, suporter tim lawan juga diperlakukan bak turis. Sebab mereka tahu benar, kedatangan suporter tim lawan berarti akan memberikan keuntungan bagi perekonomian lokal.
Ketertiban penyelenggaraan pertandingan juga didukung oleh Pemerintah kota. Mereka benar-benar memprioritaskan penyelenggaraan acara sepakbola di kota tersebut sebagai sebuah perhelatan rutin dua mingguan. Setiap akan diselenggarakan pertandingan, lalulintas diatur dengan rapi. Pengamanan diperketat. Jalan-jalan menuju stadion dikosongkan. Semua diatur sedemikian rupa sehingga membuat warga begitu nyaman untuk pulang pergi menonton. Wajar kalo pendapatan klub sepakbola, termasuk pendapatan pemerintah kota dari acara pertandingan mingguan tersebut demikian besar. Meskipun tiketnya mahal, Warga rela membaya karena fasilitas yang mereka dapatkan juga sepadan.
Dari dokumenter tersebut dapat kita ketahui bahwa kalau dikemas dengan baik, sepakbola sebenarnya bisa jadi ajang hiburan yang asyik. Kalau kondisinya aman dan nyaman, gue yakin masyarakat akan berbondong-bondong ke stadion tiap minggu. Selain jadi pusat hiburan masyarakat, tontonan olahraga terbesar di dunia tersebut juga bisa menjadisumber penghasilan pendapatan klub maupun pemerintah daerah yang sangat potensial. Jadi, ayo donk dibenahi! Siapa tahu suatu saat Indonesia maju jadi peserta final Piala Dunia. Pemain-pemain sepakbola Internasional bukan lagi Christiano Ronaldo, Lionel Messi, Ibrahomovic atau Wayne Rooney tapi Joko Kirun, Bondan Jomblo, Asep Letoy, Botak Sinaga dan Kempot Amirudin. So, MAJULAH SEPAK BOLA INDONESIA!***
ASalam NGJCJL!!!!

No comments:

Post a Comment