Pages

Welcome.....

SELAMAT DATANG di blog ngocol politik. Tempat gue ngocol segala macam topik dari mulai masalah politik, berita terkini, opini publik, pengetahuan populer hingga humor. Blog ini 100% buah pikiran anak negeri, bebas dari afiliasi politik dan SARA. Semua orang boleh baca, syaratnya ga boleh sakit hati ha ha.! So, enjoy my blog!

Apr 13, 2014

Sulap 3D ala Pejabat

Waktu kecil, gue paling seneng yang namanya atraksi sulap. Kalo udah liat tukang sulap teriak “Sim Salabim, Abrakadabra!” sambil ngeluarin sapu tangan dari balik topinya, wah serasa gue hidup di negeri ajaib. Tampang gue lebih “surprise” dibanding  Alice yang terbengong-bengong lihat kelinci bisa ngomong dan kucing bisa ngilang.
Gue ga suka sulap-sulap aneh ala Houdini, atau sulap teknologi canggih kayak David Coverfield. Yang gue suka sulap-sulap ‘kampung’  yang sederhana tapi lucu. Sulap yang menghibur lah, bukan sulap mengerikan kayak motong-motong badan pake gergaji listrik ato begulat dengan rantai dan gembok di dalam air.

Menurut gue, ada banyak jenis sulap di dunia ini. Yang pertama adalah sulap keterampilan, yaitu jenis sulap ala topi dan kelinci atau sulap kartu yang menggunakan keahlian untuk menipu mata penonton. Selain sulap atraksi dengan teriakan Abrakadabra dan Sim Salabim tersebut ada lagi jenis sulap yang kedua yaitu sulap mistis. Contohnya debus.
Menurut gue, debus bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis sulap, hanya saja bedanya kalo sulap di TV asisten si pesulap dapat kita lihat dengan mata telanjang, sedangkan debus asisten sulapnya ga kelihatan karena berwujud makhluk halus. Gue senang sulap karena asisten pesulap biasanya cewek-cewek seksi yang bikin jantung nyaris copot. Nah, ga tau apakah asisten pesulap debus juga seksi? Karena ga keliatan kita jadi ga bisa mastiin. Tapi kalo asistennya Jin Tomang atau Jin Ifrit, mendingan ga usah liat deh. Kecuali kalo asistennya kayak di sinetron Jin dan Jun, wah itu sih wajib nonton.
Meski menurut gue sulap debus itu cukup menarik, tapi sayang sekarang permainan debus udah jarang bisa dilihat. Padahal waktu gue kecil dulu, banyak tukang debus masuk kampung. Salah satu atraksi debus yang gue suka adalah ngegoreng telur diatas kepala. Pemain debus duduk dengan khidmat, pake iket kepala terus rambutnya dibakar. Nah diatas rambut itulah kita bisa goreng krupuk, goreng telur atau bikin sup ayam. Saking tertariknya gue sempet nanya sama si tukang debus “Mas-mas bisa jadi pembantu gue ga? Tar gue gaji tiap bulan!” Lumayan kan punya pembantu tukang debus. Kapan aja gue pingin masak, tinggal suruh dia duduk, gue siram kepalanya pake minyak tanah, gue bakar rambutnya trus gue bisa masak deh sepuasnya.
Punya pembantu tukang debus juga banyak manfaatnya. Kalo pas gue lagi begadang maen game, gue bisa suruh dia duduk di samping gue buat masak indomie, jaga-jaga kalo kelaperan tengah malam. Selain bisa jadi kompor, dia juga bisa jadi talenan. Saat motong daging ato sayuran, tinggal kita suruh dia berbaring, lalu kita bisa motong daging dan sayuran diatas perutnya. Ngasih makannya juga irit. Kita tinggal cari botol atau beling bekas, kita tumbuk-tumbuk, masukin ke piring dan jadi deh makanan kesukaannya. Punya pembantu tukang debus benar-benar praktis praktis dan ekonomis. Bisa digunakan kapan saja dan bisa dibawa kemana aja. Contohnya bisa bawa dia ke pesta barbeque ato pesta kambing guling. Ga ribet dibawa-bawa dan dibersihin karena bisa jalan dan mandi sendiri.
Jenis sulap yang ketiga yang juga cukup menarik adalah sulap ala Jepang dalam bentuk game elektronik. Salah satu sulap model canggih yang bikin gue terbelalak kagum. Gue ga nyangka kalo game elektronik ini bisa berkembang secanggih sekarang. Banyak anak-anak masa kini, bahkan yang udah bangkotan juga, yang tergila-gila dengan game elektronik. Apalagi dengan munculnya game online yang membuat kita bisa main dengan teman dari seluruh dunia, bener-bener bikin kita lupa waktu.
Waktu gue kecil dulu, game elektronik sebenarnya sudah mulai berkembang. Waktu itu yang namanya game PC ato PS belon ada. Yang ada baru Ding-dong. Orang-orang seumur gue pasti tau yang namanya Ding-Dong, game permainan yang biasanya ada di pusat-pusat perbelanjaan tempo doeloe. Bagi yang ga kenal jenis permainan ini, bersyukurlah berarti usia lu masih muda karena hanya orang-orang yang udah uzur dan bangkotan kayak gue ini aja yang  kenal jenis game ini.
Gue ga tau kenapa game ini dinamain Ding-Dong, mungkin karena kalo kita lagi maen, terus Game Over, suka keluar bunyi “Ding-Dong” yang bikin muak karena kita harus masukin koin lagi tuk ngulang permainan. Di pertengahan tahun 80-an, selain Ding-Dong, ada juga game tangan yang disebut “Game Watch”. Anak-anak kampung di tempat gue menyebutnya gimbot. Gimbot ini bentuknya kayak mainan plastik segede buku saku. Dilengkapi layar monitor dan tombol permainan yang bisa dipencet dengan kedua tangan. Bagi lu yang belum lahir waktu permainan ini booming  dan ingin tahu bentuknya kayak apa, lu bayangin aja PC Tablet kawin sama rantang plastik. Na kira-kira gitu lah bentuknya.
Jaman gue SD dulu, biasanya di sekolah-sekolah, pada jam istirahat, banyak abang-abang yang nyewain alat permainan ini. Game-nya juga masih sederhana, ga serumit game kayak sekarang.  Salah satu game favorit gue waktu itu adalah permainan kapal perang yang nembakin pesawat sama permainan tetris. Dulu malah gue sempet punya tetris sendiri yang gue mainin sambil rebutan sama adik-adik gue.
Selain gimbot elektronik, ada juga gimbot manual yang pernah gue beli. Gimbot ini sederhana banget, cuma kotak plastik yang diisi air. Nah di dalam air itu ada puluhan gelang plastik kecil sebesar kwaci sama dua tiang. Kita coba masukin gelang warna-warni itu ke tiang dengan cara mengocok-ngocok air yang ada di dalamnya. Kalo gue pikir sekarang, ngapain gue bego sampe beli gimbot kayak gitu.
Jenis sulap yang keempat adalah jenis Sulap-Salip-Salep. Menurut gue ini jenis sulap paling canggih dan mutakhir abad 21. Ga pake alat, ga pake keterampilan, cuma pake tipu-tipu doang. Sulap ini asli sulap Indonesia yang saat ini berkembang dengan cepat di berbagai kalangan masyarakat. Contohnya di kantor gue. Ada temen gue yang baru diangkat jadi pegawai, tapi tiba-tiba dengan keahlian sulapnya “SIM SALABIM”, hanya setahun udah jadi pejabat. LUAR BIASA! Debus atau game Jepang aja ga ada yang sehebat ini. Houdini aja pasti leletin lidah saking hebatnya sulap temen gue tersebut.
Gimana ga hebat, pegawai kere kayak gue biasanya butuh 4-8 tahun mengabdi penuh dedikasi, dengan keringat, darah dan air mata tuk bisa punya jabatan. Tapi temen gue, tanpa perjuangan sedikitpun bisa langsung nyalip gue. Apa itu bukan sulap namanya? David Coverfield ada bisa kanker otak kalo harus main sulap kayak gitu.
Selain sulap jabatan, ada juga yang namanya sulap kekayaan. Contohnya temen gue satu lagi. Dulu diangkat pegawai bareng-bareng gue, umur sama, golongan sama, pengalaman kerja juga sama. Tapi dengan keahlian sulapnya, tiba-tiba TRING! Punya rumah mewah dan mobil keluaran terbaru. Duit darimana tuh? Nyegik aja ga gitu-gitu amat.
Gue sih kagak ngiri sama keterampilan sulap temen-temen gue. Gue cuma penasaran, gimana caranya bisa melakukan keajaiban kayak gitu. Setelah gue selidiki sana-sini, ternyata biar kita bisa nyalip jabatan dan nyulap kekayaan, kita harus punya 3D. Wah canggih juga, pikir gue. Gue pun segera nyobain film bioskop jenis 3D buat nyoba. Tapi bukannya kaya, mata gue malah blingsatan.
Selidik punya selidik, ternyata istilah 3D itu ga ada hubungannya sama film, tapi singkatan dari Duit, Dukun, Deket. DUIT buat nyogok dan nyalep pantat pejabat, DUKUN buat ngelancarin posisi plus nangkal santet serta DEKET sama petinggi lewat aksi kolusi dan nepotisme.
Setelah tahu gitu, gue jadi paham. Jelas aja gue dari dulu nasibnya cuma jadi pegawai kelas kambing. Lha wong diantara 3D ini, gue ga punya satupun. Pantes kalo karir gue selama ini ga naik-naik. Karena gue ga punya 3D, tiap taun disalipin terus sama temen-temen kantor gue.

Meski begitu, gue ga pernah ngiri sama orang lain yang nyalip dan sikut gue, karena gue emang ga punya modal dan bakat tuk jadi pejabat. Kalo gue jadi pejabat, bisa-bisa anak buah gue pada kelaperan karena ga dapatin duit sisa proyek. Yang gue punya cuma 3I (Iman, Ikhtiar dan Ikhlas). Nah dengan 3I ini, mana bisa gue jadi pejabat di jaman sekarang. Kecuali kalau gue pindah kerja ke Finlandia, negara yang dinobatkan oleh Bank Dunia sebagai negara paling bebas korupsi, mungkin saat ini gue udah jadi Dirjen, Pejabat BUMN atau anggota KPK. Huff, perlu berapa abad lagi gue nunggu Indonesia kayak gitu. Sebelum gue jadi pejabat, malah gue udah dipensiun duluan. Nasib pegawai jujur emang ga selalu enak!!!
ASalam NGJCJL!!!!

2 comments: